Kamis, 10 Agustus 2017

Kejatuhan Satan, Legenda Bangsa Yahudi

Kejatuhan Satan

Berkah yang diterima Adam sungguh luar biasa, baik secara fisik dan spiritual, rupanya membangkitkan rasa iri diantara para malaikat. Mereka mencoba membakar Adam dengan api, tentu ia akan musnah, jika saja tumpahan tangan Allah tidak melindunginya, dan mendamaikan ia dengan para penghuni Surga. Satan adalah yang paling cemburu terhadap manusia pertama, dan pikiran jahat yang ia miliki akhirnya membawa dirinya pada kejatuhan.

Setelah Adam diberikan jiwa, Allah memanggil semua malaikat untuk datang pada acara pemberian penghormatan. Satan, adalah malaikat yang terkuat dibanding malaikat lainnya di surga, ia memiliki 12 sayap, bukan 6 sayap, seperti yang dimiliki malaikat lainnya, dan ia menolak untuk memberi hormat, yang merupakan perintah Allah, dan berkata, "Engkau menciptakan kami, malaikat, dari kemegahan cahayamu (Shekinah), dan sekarang engkau memerintahkan kami untuk tunduk dihadapan mahluk yang Engkau buat dari debu tanah!"

Allah menjawab, "Namun debu tanah ini memiliki hikmat dan kebijaksanaan yang lebih dari pada engkau." Satan menuntut pengujian kebijaksaan dengan Adam, dan Allah menjawab : "Aku telah menciptakan binatang buas, burung, dan reptil, Akan kupanggil mereka semua dihadapanmu sebelum Adam. Jika engkau dapat memanggil sesuai nama mereka, Aku akan memerintahkan Adam untuk memberi hormat padamu, dan engkau akan berdiam di dekat-Ku, disamping cahaya (Shekinah) kemuliaan-Ku. Namun jika engkau tidak mampu, dan Adam dapat memanggil mereka dengan nama yang telah ku beri terhadap mereka, maka engkau akan tunduk dan menjadi bawahan Adam, dan ia akan menempati kebun-Ku, dan bercocok- tanam disana." Setelah bersabda, Ia pergi ke firdaus, Satan mengikutinya.

Pengujian Allah terhadap satan dan Adam.

Ketika Adam melihat Allah, ia berseru kepada istrinya, "Marilah, kita tunduk dan menyembah, dan berlutut dihadapan Allah pencipta kita." Dan tiba giliran Satan untuk mencoba memberi nama kepada para binatang. Namun ia gagal, ketika binatang pertama dan kedua dibawa ke hadapannya, kerbau dan sapi. Allah lalu memerintahkan 2 binatang di bawa ke hadapan Satan, unta dan keledai, namun ia gagal lagi. Kemudian Allah berpaling kepada Adam, dan bertanya kepadanya tentang nama binatang yang sama, Namun pertanyaan Allah dikemas dengan hanya memberi petunjuk tentang huruf pertama dari binatang tersebut, Adam dapat menyebut dengan benar nama binatang tersebut, dan Satan terpaksa mengakui keunggulan manusia pertama.

Pemberontakan Satan & Pengusirannya.

Namun ia membuat kegaduhan yang terdengar hingga ke surga, dan tetap menolak memberi penghormatan kepada Adam seperti yang perintahkan. Anak buah Satan turut pula menolak seperti dirinya, Malaikat Michael (Mikail) yang melihat kegaduhan ini terdesak untuk mewakili para malaikat, menjadi yang pertama untuk bersujud ke hadapan Adam, agar menjadi contoh yang baik kepada malaikat lainnya.

Michael berkata kepada Satan: "Berilah penghormatan kepada gambar Allah! Jika engkau tidak melakukannya, maka murka Allah akan menimpamu." Satan menjawab : "Jika Ia murka terhadapku, akan kunaikkan tahtaku diatas segala bintang-bintang Allah, aku akan menjadi seperti Yang Maha Tinggi!" Saat itu Allah lalu mengusir Satan dan anak buahnya turun ke bumi, dan sejak saat itu terjadi permusuhan antara Satan dan manusia.

Index Legenda Bangsa Yahudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Abraham Berasal Dari Ur atau Haran?

Abraham berasal dari kota Haran dan bukan dari kota Ur-Kasdim, ya itulah pendapat beberapa para ahli biblikal moderen, mengapa mereka berpen...