Selasa, 26 April 2016

Kitab Henokh, Bab 1-5

Indeks kitab Henokh

Perkataan Enoch tentang Nasib orang benar dan orang berdosa.

Bab 1

1. Inilah perkataan berkat dari Enoch, untuk orang yang terpilih dan benar, yang akan hidup dalam hari-hari penuh cobaan, ketika semua orang yang jahat dan tak ber-Tuhan akan dienyahkan.

2. Dan ia meneruskan kisahnya dan berkata - Enoch seorang yang benar, yang matanya telah dibukakan oleh Tuhan, melihat bayangan Sang Kudus di surga, yang telah diperlihatkan oleh para malaikat kepadaku, dan dari mereka aku mendengar dan melihat segalanya, tapi bukan untuk generasi ini, melainkan untuk generasi yang akan datang nanti. 3 Tentang orang yang terpilih aku berkata, dan meneruskan kisahku mengenai mereka : 

Sang Kudus yang Maha Besar akan datang dari rumah-Nya, 4 dan Tuhan yang abadi akan menginjak bumi, (bahkan) di Gunung Sinai, [Dan muncul dari kemah-Nya] Dan muncul dalam kekuatan-Nya dari surga segala surga. 

5 Dan semua akan terserang ketakutan Dan para Pengamat akan gemetar, Dan mereka akan sangat takut dan gemetar sampai ujung-ujung dunia. 

6 Dan gunung-gunung tinggi akan goyah, Dan bukit-bukit tinggi akan direndahkan, Dan akan mencair seperti lilin di dekat api.

7 Dan bumi akan terobek seluruhnya, Dan semua di muka bumi akan musnah, Dan akan dilakukan penghakiman atas segala (manusia). 

8 Tapi dengan orang yang terpilih Ia akan berdamai.  Dan akan melindungi orang yang terpilih, Dan belas kasihan akan diberikan kepada mereka. Dan mereka semua akan menjadi milik Tuhan, Dan mereka akan menjadi makmur, Dan mereka semua akan diberkati.  Dan Ia akan menolong mereka semua, Dan cahaya akan muncul kepada mereka, Dan Ia akan berdamai dengan mereka. 

9 Dan lihat ! Ia datang dengan sepuluh ribu orang kudus-Nya Untuk melakukan penghakiman atas semuanya, Dan untuk memusnahkan semua yang tak ber-Tuhan.

Dan untuk menghukum semua daging Untuk semua pekerjaan tak ber-Tuhan mereka yang telah mereka lakukan tanpa Tuhan, Dan untuk semua hal-hal kasar yang telah dikatakan para pendosa tak ber- Tuhan kepada-Nya.

Bab 2

1 Lihatlah kalian akan semua yang terjadi di angkasa, betapa mereka tak mengubah orbitnya, dan bintang-bintang di angkasa, bagaimana mereka terbit dan tenggelam berurutan setiap musimnya, dan 2 jangan melawan urutan mereka yang telah ditetapkan.

Lihatlah kalian akan bumi, dan perhatikan apa yang terjadi di atasnya sejak awal hingga akhir, betapa kokohnya mereka, betapa benda-benda di atas bumi tidak ada yang berubah, tapi semua kerja Tuhan tampak kepadamu. Lihatlah musim panas dan musim dingin, betapa seluruh bumi terisi air dan awan dan embun dan hujan berbaring di atasnya. 

Bab 3

1 Amati dan lihat bagaimana (pada musim dingin) semua pohon sepertinya mati dan menggugurkan seluruh daun mereka, kecuali empat belas pohon, yang tidak kehilangan daun mereka tapi mempertahankan daun dari dua atau tiga tahun sebelumnya sebelum yang baru datang. 

Bab 4

1 Dan lagi, amatilah kalian akan hari-hari musim panas bagaimana matahari di atas bumi melawannya. Dan kalian mencari penutup dan tempat berteduh karena panas matahari, dan bumi pun terbakar dengan panas yang terus bertambah, dan kalian pun tidak bisa menginjak tanah, atau batu karena panasnya. 

Bab 5

1 Lihatlah kalian bagaimana pohon-pohon menutupi dirinya dengan dedaunan hijau dan berbuah : karenanya perhatikan dan ketahuilah semua kerja-Nya, dan kenali bagaimana Ia yang abadi telah menciptakannya.

2 Dan semua kerja-Nya terus berjalan dari tahun ke tahun selamanya, dan semua tugas yang telah mereka lakukan untuk-Nya, dan tugas mereka tidak berubah, tapi Tuhan telah memerintahkan mereka maka terjadilah. 3 Dan lihat bagaimana laut dan sungai bekerja dan tak mengubah kerja mereka dari perintah-Nya. 

4 Tapi kalian - kalian tidak kokoh, juga tidak melakukan perintah Tuhan, Tapi kalian telah berbalik dan berbicara kata-kata kasar dan sombong Dengan mulutmu yang nista melawan kebesaran-Nya. Oh, kalian orang-orang tak berperasaan, kalian tak akan menemukan kedamaian.  Karena itu kalian akan mengutuki hari- harimu, Dan tahun-tahun kehidupanmu akan musnah, Dan tahun-tahun kehancuranmu akan berlipat ganda dalam kutukan abadi, Dan kalian tak akan menemukan belas kasihan. 

6a Dalam hari-hari itu kalian akan membuat nama kalian sebuah kutukan abadi bagi semua yang benar, b Dan dengan namamulah semua akan mengutuk, mengutuk, Dan semua pendosa dan orang tak ber- Tuhan akan mengutuk denganmu,
c Dan bagi kalian yang tak ber-Tuhan sebuah kutukan akan diberikan.  6d Dan para ... akan bergembira, e Dan dosa-dosa akan diampuni, f Dan segala belas kasihan dan damai dan pengampunan : g Pengampunan akan diberikan kepada mereka, sebuah cahaya yang suci.  i Dan untuk kalian semua para pendosa tidak akan ada penyelamatan, j Tapi kepada kalian akan dijatuhkan suatu kutukan.

7a Tapi bagi yang terpilih akan diberikan cahaya dan kebahagiaan dan kedamaian, b Dan mereka akan mewarisi bumi. 

8 Dan akan dianugerahkan kebijaksanaan kepada yang terpilih, Dan mereka akan hidup dan tak akan lagi berdosa, Baik melalui perbuatan tak ber-Tuhan atau keangkuhan : Tapi mereka yang bijaksana akan bersikap rendah hati. 

9 Dan mereka tak akan lagi melanggar, Juga tak akan berdosa dalam hari-hari kehidupan mereka, Juga tak akan mati karena kemarahan atau murka (Tuhan), Tapi mereka akan melengkapi jumlah hari- hari kehidupan mereka.  Dan hidup mereka akan bertambah damai, Dan tahun-tahun kebahagiaan mereka akan berlipat ganda, Dalam kesenangan dan damai abadi, Seluruh hari-hari kehidupan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Abraham Berasal Dari Ur atau Haran?

Abraham berasal dari kota Haran dan bukan dari kota Ur-Kasdim, ya itulah pendapat beberapa para ahli biblikal moderen, mengapa mereka berpen...