Selasa, 26 April 2016

Kitab Henokh, bab 45 - 57

Indeks kitab Henokh

Perumpamaan kedua.

Tempat untuk orang murtad, adanya surga dan dunia baru.

Bab 45


1 Dan ini adalah kisah kedua tentang mereka yang menyangkal nama tempat tinggal para orang kudus dan Tuhan Segala Roh.  2 Dan mereka tidak akan naik ke surga, Dan mereka tidak akan datang ke atas bumi : Begitulah yang akan terjadi pada para pendosa Yang telah menyangkal nama Tuhan Segala Roh, Yang akan disimpan untuk hari penderitaan dan kesusahan.  3 Pada hari itu Dia Yang Kupilih akan duduk di singgasana kejayaan Dan akan mengadili perbuatan-perbuatan mereka, Dan tempat istirahat mereka akan berlimpah.  Dan roh mereka akan menguat di dalam mereka saat mereka melihat Mereka Yang Kupilih, Dan mereka yang telah memanggil nama- Ku yang jaya : 4 Maka Aku akan mengirim Dia Yang Kupilih untuk tinggal di antara mereka. Dan Aku akan mengubah surga dan menjadikannya berkat abadi dan cahaya. 5 Dan Aku akan mengubah bumi dan menjadikannya suatu berkat. Dan Aku akan mengirimkan Mereka Yang Kupilih untuk tinggal di sana : Tapi para pendosa dan orang-orang yang jahat tidak akan memijakkan kakinya di sana. 6 Karena Aku telah memberikan dan memenuhi Mereka Yang Kupilih dengan damai  Dan telah membuat mereka tinggal di hadapan-Ku :  Tapi untuk para penghakiman menanti pada-Ku, Maka Aku akan memusnahkan mereka dari muka bumi.

Tentang sang "Anak Manusia".

Bab 46


1 Dan di sana aku melihat Ia yang merupakan pemimpin segala masa. Dan rambut-Nya putih seperti wol, Dan dengan-Nya adalah makhluk lain yang penampilannya seperti manusia, Dan wajahnya penuh belas kasihan, seperti para malaikat kudus. 2 Dan aku bertanya kepada malaikat yang bersamaku dan menunjukkan kepadaku hal-hal yang tersembunyi, tentang 3 Anak Manusia itu, siapakah ia, dan dari mana ia berasal, (dan) mengapa ia bersama Pemimpin Segala Masa ? Dan ia menjawabku dan berkata kepadaku : Ini adalah anak Manusia yang memiliki kebenaran, Dengan siapa kebenaran tinggal, Dan yang membukakan segala harta karun yang tersembunyi, Karena Tuhan Segala Roh telah memilihnya, Dan kelompoknya berjaya di hadapan Tuhan Segala Roh dalam kebenaran selamanya. 4 Dan Anak Manusia yang telah kau lihat ini Akan membuat para raja dan orang kuat berdiri dari kursi mereka, [Dan orang-orang kuat dari singgasana mereka] Dan akan mengendurkan kekuasaan orang-orang kuat, Dan mematahkan gigi para pendosa. 5 [Dan ia akan menjatuhkan raja-raja dari singgasana dan kerajaan mereka] Karena mereka tidak mengagungkan dan memuja-Nya, Juga tidak mengakui dengan rendah hati dari mana kerajaan mereka diberikan kepada mereka. 6 Dan ia akan menjatuhkan wibawa orang- orang kuat, Dan akan mempermalukan mereka. Dan kegelapan akan menjadi tempat tinggal mereka, Dan cacing-cacing akan menjadi tempat tidur mereka, Dan mereka tak akan pernah bangun dari tempat tidur mereka, Karena mereka tidak mengagungkan nama Tuhan Segala Roh. 7 Dan mereka yang menghakimi bintang- bintang di surga, [Dan mengangkat tangan mereka melawan Yang Maha Tinggi], Dan menginjak bumi dan tinggal di atasnya. Dan segala perbuatan mereka menghasilkan kejahatan, Dan kuasa mereka bertumpu pada kekayaan mereka, Dan iman mereka adalah pada dewa- dewa yang mereka buat dengan tangan mereka, Dan mereka menyangkal nama Tuhan Segala Roh, 8 Dan mereka menghukum persekutuan pendukung-Nya, Dan para orang beriman yang bergantung pada nama Tuhan Segala Roh.

Doa orang kudus untuk pembalasan dan tibanya kemenangan mereka.

Bab 47


1 Dan pada hari-hari itu doa-doa para orang benar akan naik, Dan darah orang-orang benar dari bumi di hadapan Tuhan Segala Roh. 2 Dan pada hari-hari itu para orang kudus yang tinggal di atas di langit Akan bergabung dalam satu suara Dan memohon dan berdoa dan memuja, Dan berterima kasih dan memberkati nama Tuhan Segala Roh Atas nama darah orang-orang benar yang telah ditumpahkan, Dan doa para orang benar itu tak akan sia-sia di hadapan Tuhan Segala Roh, Penghakiman akan dilaksanakan terhadap mereka, Dan agar mereka tak harus menderita selamanya. 3 Pada hari-hari itu aku melihat Pemimpin Segala Masa ketika Ia duduk di singgasana kejayaan-Nya, Dan kitab-kitab makhluk hidup dibukakan di hadapan-Nya : Dan seluruh penghuni surga dan para penasihat-Nya berdiri di hadapan-Nya, 4 Dan hati para orang kudus dipenuhi kebahagiaan, Karena jumlah orang-orang benar telah ditawarkan, Dan doa orang-orang benar telah didengarkan, Dan darah orang-orang benar telah dipanggil di hadapan Tuhan Segala Roh.

Sumber mata air kudus : Sang anak manusia - tetaplah hidup dalam kekudusan dalam penantian.

Bab 48


1 Dan di tempat itu aku melihat air mancur kebenaran Yang tiada habisnya : Dan di sekelilingnya adalah air mancur - air mancur kebijaksanaan : Dan orang-orang yang haus minum di sana, Dan mereka dipenuhi kebijaksanaan, Dan rumah mereka adalah bersama orang-orang benar dan kudus dan terpilih. 2 Dan pada jam itu Anak Manusia itu diberi nama di depan Tuhan Segala Roh, Dan namanya di hadapan Pemimpin Segala Masa. 3 Ya, sebelum matahari dan rasi-rasi bintang diciptakan, Sebelum bintang-bintang surga dibuat, Namanya diberikan di hadapan Tuhan Segala Roh. 4 Ia akan menjadi tongkat bagi orang- orang benar untuk mendukung mereka agar tidak jatuh, Dan ia akan menjadi cahaya orang-orang kafir, Dan harapan bagi mereka yang susah hati. 5 Semua yang tinggal di atas bumi akan berlutut dan memujanya, Dan memuji dan memberkati dan menyanyikan pujian-pujian bagi Tuhan Segala Roh. 4 Ia akan menjadi tongkat bagi orang- orang benar untuk mendukung mereka agar tidak jatuh, Dan ia akan menjadi cahaya orang-orang kafir, Dan harapan bagi mereka yang susah hati. 5 Semua yang tinggal di atas bumi akan berlutut dan memujanya, Dan memuji dan memberkati dan menyanyikan pujian-pujian bagi Tuhan Segala Roh.  7 Dan kebijaksanaan Tuhan Segala Roh telah memperkenalkannya kepada orang- orang kudus dan benar ; Karena ia telah melindungi kelompok orang-orang benar, Karena mereka membenci dan menolak dunia kejahatan ini, Dan membenci seluruh perbuatan dan cara-caranya dalam nama Tuhan Segala Roh : Karena dalam namanya mereka diselamatkan, Dan menurut keinginannyalah hidup mereka.  8 Pada hari-hari ini raja-raja dunia akan kehilangan wibawanya, Dan juga orang-orang kuat yang menguasai tanahnya dengan kerja tangan mereka, Karena pada hari kesakitan dan kesedihan mereka mereka tidak akan (mampu) menyelamatkan diri. Dan Aku akan menyerahkan mereka ke tangan orang yang Kupilih : Seperti jerami dalam api mereka akan terbakar di hadapan orang-orang kudus : Seperti timbal dalam air mereka akan tenggelam di hadapan orang-orang benar, Dan tak ada lagi yang akan tersisa dari mereka.  10 Dan pada hari kesedihan mereka ketenangan akan terjadi di bumi, Dan di hadapannya mereka akan jatuh dan tak bangun lagi : Dan tak ada seorangpun yang akan menggenggam tangan mereka dan menolong mereka bangun : Karena mereka telah menyangkal Tuhan Segala Roh dan Yang Diberkati-Nya. Diberkatilah nama Tuhan Segala Roh.

Kekuatan dan kebijaksanaan dari orang-orang terpilih.

Bab 49


1 Karena kebijaksanaan dituangkan seperti air, Dan kejayaan tak akan berhenti di hadapan-Nya untuk selamanya. 2 Karena ia berkuasa atas segala rahasia orang-orang benar, Dan kejahatan akan hilang seperti bayang-bayang, Dan tak akan berlanjut ; Karena Ia Yang Terpilih berdiri di hadapan Tuhan Segala Roh, Dan kejayaannya adalah untuk selama- lamanya, Dan kekuatannya untuk segala generasi. 3 Dan di dalamnya hidup roh kebijaksanaan, Dan roh yang memberikannya pengertian, Dan roh pengetahuan dan kekuatan, Dan roh mereka yang tidur dalam kebenaran. 4 Dan ia akan menghakimi hal-hal rahasia, Dan tak ada yang akan berbohong di hadapannya ; Karena ia adalah Yang Terpilih di hadapan Tuhan Segala Roh menurut keinginan- Nya.

Kemegahan dan kemenagan dari orang kudus : bertobatnya tak bersunat.

Bab 50


1 Dan pada hari-hari itu perubahan akan terjadi bagi orang-orang kudus dan terpilih, Dan terang siang hari akan tinggal di atas mereka, Dan kejayaan dan kehormatan akan datang kepada orang-orang kudus, 2 Dan pada hari kesedihan di mana kejahatan akan dikumpulkan melawan para pendosa.  Dan orang benar akan berjaya dalam nama Tuhan Segala Roh : Dan Ia akan memerintahkan yang lain untuk menyaksikan (ini) Agar mereka bertobat Dan menyesali kerja tangan mereka.  3 Mereka tak akan memiliki kehormatan melalui nama Tuhan Segala Roh, Tapi melalui nama-Nya mereka akan diselamatkan, Dan Tuhan Segala Roh akan berbelas kasihan atas mereka, Dan belas kasihan-Nya adalah besar.  4 Dan Ia juga benar dalam penilaian-Nya Dan dalam kehadiran-Nya kejahatan tak akan bertahan hidup : Atas penilaian-Nya yang tak bertobat akan musnah di hadapan-Nya. 5 Dan sejak saat itu Aku tak akan berbelas kasihan terhadap mereka, kata Tuhan Segala Roh.

Kebangkitan dihari penghakiman, dan pemisahan orang kudus dan pendosa.

Bab 51


1 Dan pada hari-hari itu bumi juga akan mengembalikan apa yang dipercayakan kepadanya, Dan Sheol juga akan mengembalikan apa yang telah diterimanya, Dan neraka akan mengembalikan hutangnya.  5a Karena pada hari-hari itu Yang Terpilih akan bangkit, 2 Dan ia akan memilih yang benar dan kudus dari antar mereka : Karena hari mereka akan diselamatkan sudah dekat.  3 Dan Ia Yang Terpilih akan duduk di tahta-Ku, Dan mulutnya akan melimpahkan segala rahasia kebijaksanaan dan nasihat-nasihat : Karena Tuhan Segala Roh telah memberikan (mereka) kepadanya dan telah mengagungkannya.  4 Dan pada hari-hari itu gunung-gunung akan melompat seperti domba jantan, Dan bukit-bukit akan meloncat seperti domba yang terpuaskan oleh susu, Dan wajah [semua] malaikat di surga cerah oleh kebahagiaan.  5b Dan bumi akan berbahagia, c Dan orang benar akan hidup di atasnya, d Dan orang terpilih akan berjalan di sana.

6 bukit logam dan yang terilih.

Bab 52


1 Dan setelah hari-hari itu di tempat itu di mana aku telah melihat semua mimpi- mimpi tentang hal-hal yang tersembunyi - karena 2 aku telah diangkat oleh angin puyuh dan mereka telah membawaku ke arah barat - Di sana mataku melihat segala hal-hal rahasia dari surga yang  akan terjadi, sebuah pegunungan besi, dan sebuah pegunungan tembaga, dan sebuah pegunungan perak, dan sebuah pegunungan emas, dan sebuah pegunungan logam lunak, dan sebuah pegunungan timbal. 3 Dan aku bertanya kepada malaikat yang bersamaku, dengan berkata, Hal-hal apa ini yang kulihat secara 4 rahasia ? Dan ia berkata kepadaku : Semua hal yang telah kaulihat melayani kekuasaan Yang Diberkati-Nya agar ia berkuasa dan kuat di atas bumi. 5 Dan malaikat kedamaian itu menjawab, berkata kepadaku : Tunggulah sebentar, dan akan dibukakan kepadamu segala hal-hal rahasia di sekitar Tuhan Segala Roh. 6 Dan gunung-gunung yang telah kaulihat dengan matamu ini, Gunung besi, dan gunung tembaga, dan gunung perak, Dan gunung emas, dan gunung logam lunak, dan gunung timbal, Semuanya akan berada di hadapan Ia Yang Terpilih Seperti lilin : di hadapan api, Dan seperti air yang mengalir turun dari atas [di atas gunung-gunung ini], Dan akan menjadi tak berdaya di bawah kakinya. 7 Dan akan terjadi pada hari-hari itu bahwa tak seorang pun akan terselamatkan, Baik oleh emas maupun perak, Dan tak ada yang akan lolos. 8 Dan tak akan ada besi untuk berperang, Juga tak ada seorang pun yang memakai baju zirah. Perunggu tak akan berguna, Dan timah [tak akan berguna dan] tak akan dihargai, Dan timbal tak akan diinginkan. 9 Dan segala hal ini akan [disangkal] dan dihancurkan dari muka bumi, Ketika Ia Yang Terpilih datang di hadapan Tuhan Segala Roh.

Lembah penghakiman : Hukuman atas malaikat : kumpulan orang terpilih.

Bab 53


1 Di sana mataku melihat sebuah lembah dalam dengan mulut-mulut yang terbuka, dan semua yang tinggal di muka bumi dan laut dan pulau-pulau membawakannya hadiah-hadiah dan persembahan- persembahan dan tanda-tanda  penghormatan, tapi lembah dalam itu tak pernah kenyang. 2 Dan tangan-tangan mereka melakukan perbuatan-perbuatan tak berhukum, Dan para pendosa menelan semua yang mereka tekan dengan tak berhukum, Tapi para pendosa akan dihancurkan di hadapan Tuhan Segala Roh, Dan mereka akan dibuang dari muka bumi milik-Nya, Dan mereka akan musnah untuk selama- lamanya. 3 Karena aku melihat malaikat-malaikat penghukum tinggal (di sana) dan mempersiapkan alat-alat Setan. 4 Dan aku bertanya kepada malaikat damai yang bersamaku : Untuk siapakah mereka mempersiapkan alat-alat ini ? 5 Dan ia berkata kepadaku : Mereka mempersiapkan alat-alat ini untuk raja-raja dan orang-orang kuat di bumi ini, agar mereka dapat dihancurkan dengannya. 6 Dan setelah ini Yang Benar dan Terpilih akan menghadirkan persekutuan pendukungnya : mulai saat itu tidak akan ada lagi yang menghalangi dalam nama Tuhan Segala Roh. 7 Dan gunung-gunung ini tidak akan berdiri sebagai bumi di hadapan kebenarannya, Tapi bukit-bukit itu akan menjadi seperti air mancur, Dan para orang benar akan terbebas dari tekanan para pendosa.

Bab 54

1 Dan aku melihat dan menoleh ke bagian lain dari bumi, dan melihat di sana sebuah lembah dalam dengan 2 api yang membakar. Dan mereka membawa raja- raja dan orang-orang kuat, dan mulai melemparkan mereka ke dalam lembah dalam ini. 3 Dan di sana mataku melihat bagaimana mereka membuat alat-alat ini, rantai baja dengan berat tak terkira. 4 Dan aku bertanya kepada malaikat damai yang bersamaku, dan berkata : Untuk siapakah rantai ini dipersiapkan ? Dan ia berkata kepadaku : Rantai ini dipersiapkan untuk kelompok Azazel, agar mereka dapat membawa mereka dan melemparkan mereka ke dalam jurang kutukan abadi, dan mereka akan menutupi rahang mereka dengan batu kasar seperti diperintahkan Tuhan Segala Roh. 6 Dan Michael, dan Gabriel, dan Raphael, dan Phanuel akan memegangi mereka pada hari besar itu, dan melemparkan mereka pada hari itu ke dalam tungku yang menyala-nyala, agar Tuhan Segala Roh dapat membalas dendam kepada mereka atas kejahatan mereka yang menjadi pengikut Setan dan menyesatkan mereka yang tinggal di atas bumi. 7 Dan pada hari-hari itu hukuman akan datang dari Tuhan Segala Roh, dan ia akan membuka semua ruang air yang ada di atas langit, dan sumber-sumber air di bawah bumi. 8 Dan semua air itu akan bergabung dengan air yang lain : yang berada di atas langit adalah laki-laki, 9 dan air yang berada di bawah bumi adalah perempuan. Dan mereka akan menghancurkan semua yang hidup di atas 10 bumi dan mereka yang tinggal di bawah ujung-ujung surga. Dan ketika mereka telah menyadari kejahatan yang mereka bawa ke atas bumi, maka dengan inilah mereka akan musnah.

Bab 55

1 Dan setelah itu Pemimpin Segala Masa menyesal dan berkata : Percumalah Aku menghancurkan semua yang hidup 2 di atas bumi. Dan Ia bersumpah atas nama- Nya yang besar : Sejak saat ini aku tak akan melakukan hal itu lagi terhadap semua yang hidup di atas bumi, dan aku akan membuat tanda di surga : dan ini akan menjadi janji setia antara Aku dan mereka selamanya, selama surga berada di atas bumi. Dan ini adalah menurut perintah-Ku. 3 Saat Aku ingin mengambil mereka dengan tangan para malaikat pada hari penderitaan dan kesakitan karena ini, Aku akan mengirim penghukuman-Ku dan kemarahan-Ku atas mereka, kata 4 Allah, Tuhan Segala Roh. Kalian raja-raja berkuasa yang tinggal di atas bumi, kalian akan melihat Ia Yang Kupilih, bagaimana ia duduk di singgasana kejayaan dan menghakimi Azazel, dan semua teman-temannya, dan seluruh kelompoknya dalam nama Tuhan Segala Roh.

Pertempuran terakhir, orang-orang tak bersunat melawan Israel.

Bab 56


1 Dan aku melihat di sana kumpulan malaikat penghukum sedang berangkat, dan mereka membawa cambuk dan rantai 2 dari baja dan perunggu. Dan aku bertanya kepada malaikat damai yang bersamaku, dan berkata : Kepada siapa 3 mereka yang membawa cambuk itu pergi ? Dan ia berkata kepadaku : Kepada mereka yang terpilih dan dicintai, agar mereka dapat dilemparkan ke dalam ambang jurang di lembah itu. 4 Dan setelah itu lembah itu akan dipenuhi mereka yang terpilih dan dicintai, Dan hari-hari hidup mereka akan berakhir, Dan hari-hari mereka disesatkan sejak saat itu tak akan diperhitungkan lagi. 5 Dan pada hari-hari itu para malaikat akan kembali Dan melemparkan diri mereka sendiri ke timur pada orang-orang Parthia dan orang-orang Media : Mereka akan mengusik raja-raja, agar roh ketidaktenangan datang atas mereka, Dan mereka akan membangunkan mereka dari singgasana mereka,  Agar mereka memberontak lepas seperti singa dari sarang mereka, Dan seperti serigala lapar di antara kumpulan mereka. 6 Dan mereka akan naik dan menginjak- injak tanah mereka yang dipilih-Nya [Dan tanah mereka yang Ia pilih akan menjadi lantai penggilingan dan jalan raya :] 7 Tapi kota orang-orang benar-Ku akan menjadi halangan bagi kuda-kuda mereka. Dan mereka akan mulai saling berseteru di antara mereka sendiri, Dan tangan kanan mereka akan menjadi kuat melawan diri mereka sendiri, Dan seorang manusia tak akan mengenali abangnya, Tidak juga seorang anak laki-laki mengenali ayahnya atau ibunya, Hingga mayat hasil pembantaian mereka tak terhitung lagi, Dan penghukuman mereka tak sia-sia.  8 Dalam hari itu Sheol akan membuka rahangnya, Dan mereka akan ditelan ke dalamnya Dan penghancuran mereka akan berakhir ; Sheol akan menelan para pendosa di hadapan para orang terpilih.

Kembali bangsa Israel dari berbagai penjuru dunia.

Bab 57


1 Dan terjadilah setelah ini bahwa aku melihat sekumpulan kereta lain, dan orang-orang di atasnya, dan 2 datang bersama angin dari timur, dan dari barat ke selatan. Dan suara kereta-kereta mereka terdengar, dan ketika kekacauan ini terjadi para orang kudus dari surga memperhatikan ini, dan pilar-pilar bumi tergerak dari tempatnya, dan suara itu terdengar dari ujung surga yang satu 3 hingga ujung yang lain, dalam satu hari. Dan mereka akan berlutut dan memuja Tuhan Segala Roh. Dan inilah akhir kisah kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Abraham Berasal Dari Ur atau Haran?

Abraham berasal dari kota Haran dan bukan dari kota Ur-Kasdim, ya itulah pendapat beberapa para ahli biblikal moderen, mengapa mereka berpen...