Selasa, 26 April 2016

Kitab Henokh bab 89

Indeks kitab Henokh

Banjir bah dan Nuh.

Bab 89


1 Dan satu dari empat orang itu datang kepada banteng putih (Nuh) itu dan memberitahukan kepadanya suatu rahasia, tanpa menjadikannya ketakutan : ia lahir sebagai banteng dan menjadi manusia, dan membangun bagi dirinya sendiri sebuah bahtera besar dan tinggal di situ; 2 dan tiga ekor banteng (Sem, Ham, Yafet) tinggal bersamanya pada bahtera itu dan mereka tertutup di dalamnya. Dan lagi aku mengangkat mataku ke surga dan melihat sebuah atap yang tinggi, dengan tujuh arus air di sana, dan arus-arus itu 3 mengalir dengan banyak air ke dalam suatu wadah. Dan aku melihat lagi, dan menyaksikan sumber-sumber air dibuka di permukaan wadah besar itu, dan air itu mulai melimpah dan naik di atas permukaannya, 4 dan aku memandang wadah itu hingga seluruh permukaannya tertutup air.

Dan air itu, kegelapan, dan kabut naik di atasnya, dan selagi aku mengamati ketinggian air itu, air itu naik di atas ketinggian wadah itu, dan mengalir di atas wadah itu, dan berdiri di atas bumi. 5 Dan segala ternak di wadah itu dikumpulkan bersama hingga aku melihat mereka tenggelam dan 6 tertelan dan musnah dalam air itu. Tapi bahtera itu mengapung di atas air, sementara semua sapi-sapi jantan (manusia) dan gajah-gajah (nephilim) dan unta- unta (elioud) dan keledai-keledai tenggelam ke dasar bersama segala hewan, hingga aku tak lagi dapat melihat mereka, dan mereka tidak dapat melarikan diri, (melainkan) musnah dan tenggelam ke dalam kedalaman tersebut. Dan lagi aku melihat dalam mimpi itu hingga arus-arus air itu dienyahkan dari atap tinggi itu, dan jurang- jurang 8 bumi diratakan dan jurang-jurang lain dibuka. Lalu air mulai mengalir turun ke dalam jurang-jurang ini, hingga tanah terlihat ; tapi bahtera itu berhenti di atas tanah, dan kegelapan 9 menepi dan cahaya muncul. Tapi banteng putih yang telah menjadi manusia itu keluar dari bahtera itu, dan ketiga banteng yang bersamanya, dan satu dari tiga banteng itu adalah putih seperti banteng tadi (Sem), dan satu dari mereka merah seperti darah (Ham), dan satu hitam (Yafet) : dan banteng putih itu pergi dari mereka.

Dari kematian Nuh ke kisah keluarnya bangsa Israel dari Mesir.

10 Dan mereka mulai membawa makhluk-makhluk darat dan burung- burung, agar tumbuh bermacam-macam jenis : singa, harimau, serigala, anjing,  hyena, babi liar, rubah, tupai, babi, burung rajawali, burung bangkai, burung layang- layang, burung elang, dan burung gagak ; dan di antara mereka lahirlah seekor banteng putih.

Dan mereka mulai saling menggigit ; tapi banteng putih (Abraham) yang lahir di antara mereka itu menghasilkan seekor keledai liar (Ismail) dan seekor banteng putih (Ishak) dengannya, dan 12 keledai-keledai liar itu beranak-pinak. Tapi banteng yang lahir darinya itu menghasilkan seekor babi hutan hitam dan seekor 13 domba putih ; dan yang pertama menghasilkan banyak babi hutan (Esau/bangsa Edom), tapi domba (Yakub) itu menghasilkan dua belas domba (12 suku Israel). Dan ketika keduabelas domba itu tumbuh besar, mereka memberikan salah satu dari mereka kepada para keledai (Ismail & Median), dan keledai itu memberikan domba itu lagi kepada para serigala (Mesir), dan domba (12 anak Yakub) itu tumbuh di antara serigala.

Dan Tuhan membawa kesebelas domba itu untuk hidup bersamanya dan merumput bersamanya di antara para serigala : dan mereka beranak-pinak dan menjadi banyak kawanan domba. Dan para serigala (Mesir) mulai ketakutan terhadap mereka, dan mereka menekan mereka hingga mereka menghancurkan anak- anak mereka, dan mereka membuang anaknya yang masih muda ke dalam sungai yang penuh air : tapi domba- domba itu mulai 16 berteriak keras atas anak-anak mereka, dan mengeluh kepada Tuhan mereka. Dan seekor domba (Musa) yang telah diselamatkan dari para serigala (Firaun) lari dan menyelamatkan diri kepada para keledai liar (Median) ; dan aku melihat para domba betapa mereka bersedih dan menangis, dan memohon kepada Tuhan dengan seluruh kekuatan mereka, hingga Tuhan para domba turun karena suara para domba dari tempat yang tinggi, dan datang kepada mereka dan memberi mereka rumput. Dan Ia memanggil domba yang telah melarikan diri dari para serigala, dan berbicara dengannya mengenai para serigala bahwa ia harus 18 memperingatkan mereka agar tidak menyentuh para domba.

Dan domba itu pergi kepada para serigala menurut kata Tuhan (keluar dari Mesir), dan seekor domba lain (Harun) bertemu dengannya dan pergi bersamanya, dan mereka berdua pergi dan memasuki bersama ke dalam suatu kumpulan serigala, dan berbicara kepada mereka dan memperingatkan mereka agar tidak  menyentuh 19 para domba sejak saat itu. Dan segera aku melihat para serigala, dan bagaimana mereka menekan para domba 20 secara berlebihan dengan segala kekuatan mereka, dan para domba berteriak keras. Dan Tuhan datang kepada para domba dan mereka mulai menghantam para serigala itu : dan para serigala mulai bersedih ; tapi para domba menjadi 21 tenang dan segera berhenti berteriak. Dan aku melihat para domba itu hingga mereka pergi dari antara para serigala, tapi mata para serigala itu dibutakan, dan para serigala berangkat mengejar para domba 22 dengan segala kekuatan mereka. Dan Tuhan para domba itu pergi bersama mereka, sebagai pemimpin mereka, dan semua domba-Nya 23 mengikutinya : dan wajahnya adalah menyilaukan dan jaya dan menakutkan untuk dilihat. Tapi para serigala 24 mulai mengejar para domba hingga mereka mencapai lautan.

Dan lautan itu dibagi, dan air berdiri di kedua sisi di hadapan wajah mereka, dan Tuhan menuntun mereka dan menempatkan diri-Nya sendiri di antara 25 mereka dan para serigala (firaun dengan bala tentaranya). Dan karena para serigala itu belum melihat para domba, mereka terus berjalan hingga ke tengah-tengah laut itu, dan para serigala mengikuti para domba, dan serigala-serigala itu mengejar mereka ke dalam laut. 26 Dan ketika mereka melihat Tuhan para domba, mereka berbalik untuk lari dari hadapan-Nya, tapi laut berkumpul kembali, dan menjadi seperti saat penciptaannya, dan air meluap dan naik hingga menutupi 27 para serigala itu. Dan aku melihat hingga para serigala yang mengejar para domba itu musnah dan tenggelam.

Israel di padang pasir, pemberian Torah, memasuki Kanaan.

28 Tapi para domba lolos dari air itu dan pergi ke dalam daerah liar, di mana tak ada air maupun rumput ; dan mereka mulai membuka mata mereka dan melihat ; dan aku melihat Tuhan para domba 29 membawa mereka merumput dan memberi mereka air dan rumput, dan domba itu pergi dan memimpin mereka. Dan 20 domba (Musa) itu naik ke puncak batu tinggi itu (gunung Sinai), dan Tuhan para domba mengirimnya kepada mereka. Dan setelah itu aku melihat Tuhan para domba yang berdiri di hadapan mereka, dan penampilan-Nya adalah hebat dan 31 menakutkan dan megah, dan semua domba menatap-Nya dan ketakutan di  hadapan wajah-Nya. Dan mereka ketakutan dan gemetar karena-Nya, dan mereka berteriak kepada domba itu yang berada di antara 32 mereka : Kami tidak mampu berdiri di hadapan Tuhan kami maupun menatap-Nya. Dan domba itu yang memimpin mereka kembali naik ke puncak batu itu, tapi para domba mulai buta dan menyimpang 33 dari jalan yang telah ditunjukkannya kepada mereka, tapi domba itu tidak mengetahuinya. Dan Tuhan para domba sangat murka terhadap mereka, dan domba itu menemukan hal itu, dan turun dari puncak batu itu, dan datang kepada para domba, dan menemukan sebagian besar dari mereka terbutakan dan 34 tersesat (peristiwa menyembah patung lembu emas di padang gurun).

Dan ketika mereka melihatnya mereka ketakutan dan gemetar karena kehadirannya, dan ingin kembali kepada 35 kawanan mereka. Dan domba itu membawa domba lain bersamanya, dan datang kepada domba-domba yang telah tersesat, dan mulai membunuh mereka ; para domba ketakutan terhadapnya, maka para domba membawa kembali 36 domba-domba yang telah tersesat, dan mereka kembali kepada kawanannya. Dan aku melihat dalam mimpiku hingga domba itu menjadi manusia dan membangun sebuah "rumah bagi Tuhan para domba" (Tabernakel), dan menempatkan semua domba dalam rumah itu. 37 Dan aku menyaksikan hingga domba ini yang telah bertemu dengan domba itu yang telah menyebabkan mereka tertidur : dan aku melihat hingga semua domba yang besar musnah dan yang kecil muncul menggantikan mereka, dan mereka sampai ke suatu padang rumput, dan 38 sampai kepada suatu sungai. Lalu domba itu, pemimpin mereka yang telah berubah menjadi manusia, mundur 39 dari mereka dan tertidur, dan semua domba mencarinya dan menangisinya dengan suara keras. Dan aku melihat hingga mereka berhenti menangisi domba itu dan menyeberangi sungai itu, dan di sana majulah dua domba (Yoshua & Kaleb) sebagai pemimpin menggantikan ia yang telah memimpin mereka dan tertidur (jadi tertidur dan memimpin 40 mereka). Dan aku melihat hingga domba-domba itu sampai di suatu tempat yag baik, dan suatu negeri yang menyenangkan dan jaya (Kanaan), dan aku melihat hingga para domba itu terpuaskan ; dan  rumah itu berdiri di antarra mereka di negeri bahagia itu.

Sejarah Hakim-hakim dan pembangunan bait Allah.

41 Dan kadang-kadang mata mereka dibukakan, dan kadang terbutakan, hingga seekor domba lain maju dan memimpin mereka dan membawa mereka kembali, dan mata mereka dibukakan. 42 Dan anjing-anjing (Filistin) dan rubah-rubah (Ammon & Moab) dan babi-babi hutan (Edom) mulai memangsa domba-domba itu hingga Tuhan para domba mengangkat seekor domba jantan dari antara 43 mereka, yang memimpin mereka. Dan domba jantan itu mulai menanduk dari kedua sisi anjing- anjing itu, rubah-rubah, dan 44 babi-babi hutan itu hingga ia telah menghancurkan mereka semua. Dan domba-domba itu yang telah dibukakan matanya melihat domba jantan itu, yang berada di antara para domba, hingga ia menyangkal kejayaannya dan mulai menanduk domba-domba itu, dan menginjak-injak mereka, dan bertingkah laku 45 tak pantas. Dan Tuhan para domba mengirim domba itu kepada seekor domba lain dan membesarkannya menjadi seekor domba jantan dan pemimpin para domba menggantikan 46 domba jantan itu yang telah menyangkal kejayaannya. Dan ia pergi kepadanya dan bercakap-cakap dengannya sendiri, dan membesarkannya menjadi seekor domba jantan, dan menjadikannya pangeran dan pemimpin para domba ; tapi selama segala hal ini anjing-anjing itu 47 menindas para domba.

Dan domba jantan yang pertama mengejar domba jantan yang kedua, dan domba jantan kedua itu bangkit dan melarikan diri darinya ; dan aku melihat hingga anjing-anjing itu 48 menyeret domba jantan yang pertama. Dan domba jantan yang kedua bangkit 49 dan memimpin domba-domba kecil itu. Dan domba-domba itu tumbuh dan beranak- pinak ; tapi para anjing, dan rubah, dan babi hutan takut kepadanya dan melarikan diri darinya, dan domba jantan itu menanduk dan membunuh hewan-hewan liar itu, dan hewan-hewan liar itu tidak lagi berkuasa atas para 48b domba dan tidak lagi merampok mereka. Dan domba jantan itu menghasilkan banyak domba dan tertidur; dan seekor domba kecil menjadi domba jantan sebagai penggantinya, dan menjadi pangeran dan pemimpin para domba. 50 Dan rumah itu menjadi besar dan lebar, dan rumah itu dibangun bagi  para domba itu : (dan) sebuah menara tinggi dan besar dibangun pada rumah itu bagi Tuhan para domba (Bait Allah), dan rumah itu rendah, tapi menara itu menjulang dan sangat tinggi, dan Tuhan para domba berdiri pada menara itu dan mereka menawarkan jamuan bagi-Nya.

2 kerajaan Israel & Yehudah, hingga kehancuran Yerusalem.

51 Dan lagi aku melihat para domba itu kembali bersalah dan menyimpang dari jalannya, dan menyangkal rumah mereka itu, dan Tuhan para domba memanggil beberapa dari antara domba-domba (Nabi-nabi) itu dan mengirim mereka kepada para domba itu, 52 tapi para domba itu mulai membunuhi mereka. Dan satu dari mereka diselamatkan dan tidak dibunuh, dan ia lari dan berteriak keras atas para domba itu, dan mereka berusaha membunuhnya, tapi Tuhan para domba menyelamatkannya dari 53 para domba, dan membawanya kepadaku, dan menyuruhnya tinggal di sana. Dan banyak domba lain dikirim-Nya kepada para domba itu untuk bersaksi kepada mereka dan bersedih atas mereka. Dan setelah itu aku melihat bahwa ketika mereka menyangkal rumah Tuhan dan menara-Nya mereka berjatuhan seluruhnya, dan mata mereka dibutakan ; dan aku melihat Tuhan para domba betapa Ia membawa banyak pembantaian di antara mereka dalam kawanan mereka hingga 55 para domba itu mengundang pembantaian itu dan mengkhianati tempat-Nya.

Dan Ia menyerahkan mereka ke tangan singa- singa (Ashur) dan harimau-harimau (Babilon), dan serigala- serigala dan hyena-hyena, dan ke tangan para rubah, dan kepada segala 56 hewan liar, dan hewan-hewan liar itu mulai merobek-robek para domba itu. Dan aku melihat Ia menyangkal rumah mereka itu dan menara mereka dan menyerahkan mereka semua ke tangan para singa, agar merobek dan memangsa mereka, 57 ke tangan para hewan liar. Dan aku mulai menangis keras dengan seluruh kekuatanku, dan mulai memohon kepada Tuhan para domba, dan mewakili kepada- Nya atas para domba yang telah dimangsa 58 oleh segala hewan liar itu. Tapi Ia tak tergerakkan, meskipun Ia melihatnya, dan bersenang bahwa mereka dimangsa dan ditelan dan dirampok, dan meninggalkan mereka untuk dimangsa di tangan para hewan liar itu. 59 Dan Ia memanggil tujuh puluh orang  penggembala, melemparkan para domba itu kepada mereka agar mereka membawanya merumput, dan Ia berbicara kepada para penggembala itu dan teman- teman mereka. : Biarkan masing-masing dari kamu membawa domba-domba itu merumput 60 mulai saat ini, dan segala yang Kuperintahkan harus kau laksanakan. Dan Aku akan meyerahkan mereka kepadamu dalam jumlah yang tepat, dan memberitahukan kepadamu mana dari antara mereka yang harus dihancurkan - dan hancurkanlah mereka.

Dan 61 Ia menyerahkan kepada mereka domba-domba itu. Dan Ia memanggil yang lain dan berkata kepadanya : Perhatikan dan tandai segalanya yang akan dilakukan para penggembala itu kepada domba-domba itu ; karena mereka akan menghancurkan lebih 62 dari yang telah Kuperintahkan. Dan segala kelebihan dan penghancuran yang akan dibawa melalui para penggembala itu, catat (dengan nama) berapa yang mereka hancurkan menurut perintahku, dan berapa menurut kemauan mereka sendiri : catat terhadap masing-masing gembala segala penghancuran yang 63 dilakukannya. Dan bacakan di hadapan-Ku angka-angka berapa yang mereka hancurkan, dan berapa yang mereka bawa untuk dihancurkan, agar aku memiliki ini sebagai bukti melawan mereka, dan mengetahui segala tingkah laku para gembala itu, agar aku dapat mengerti dan melihat apa yang mereka lakukan, apakah mereka tunduk pada 64 perintahku atau tidak.

Tapi mereka tidak boleh mengetahuinya, dan kau tidak boleh memberitahukan itu kepada mereka, tidak juga memberi mereka nasihat, tapi hanya mencatat terhadap setiap orang segala kehancuran yang 65 para gembala lakukan masing- masing pada masanya dan membeberkan semuanya di hadapan-Ku. Dan aku melihat hingga para gembala itu membawa mereka merumput pada musim mereka, dan mulai membantai dan menghancurkan lebih dari yang telah diperintahkan, dan mereka membawa 66 domba-domba itu ke tangan singa-singa. Dan singa-singa (Ashur) dan harimau-harimau (Babilon) memangsa dan menelan sebagian besar domba itu, dan babi-babi hutan (Edom) makan bersama mereka ; dan mereka membakar menara itu dan menghancurkan 67 rumah  itu. Dan aku sangat sedih atas menara itu karena rumah para domba itu dihancurkan, dan setelah itu aku tak dapat melihat apakah para domba itu masuk ke dalam rumah itu.

Periode pertama dibawah kepimimpinan malaikat - Kehancuran Yerusalem hingga kembali dari Babilon.


68 Dan para gembala dan kawan-kawan mereka mengantar domba-domba itu kepada hewan-hewan liar, agar memangsa mereka, dan masing- masing menerima pada masanya suatu angka yang pasti : angka itu dituliskan gembala yang lain itu 69 dalam suatu buku berapa yang masing-masing dari mereka hancurkan.

Dan masing-masing membunuh dan menghancurkan jauh lebih 70 daripada yang diperintahkan ; dan aku mulai menangis dan bersedih atas para domba itu. Dan lalu dalam mimpiku aku melihat ia yang menulis, bagaimana ia mencatat setiap domba yang dihancurkan para gembala itu, hari demi hari, dan membawa dan membeberkan dan menunjukkan seluruh buku itu kepada Tuhan para domba - (bahkan) segala yang telah mereka lakukan, dan semua yang masing-masing mereka telah 71 singkirkan, dan semua yang telah mereka berikan kepada kehancuran. Dan buku itu dibacakan di hadapan Tuhan para domba, dan Ia mengambil buku itu dari tangannya dan membacanya dan menguncinya dan meletakkannya.

Periode kedua - dari masa Cyrus hingga Alexander Agung.

72 Dan segera setelah itu aku melihat betapa para gembala itu telah membawa mereka merumput selama dua belas jam, dan menyaksikan tiga dari domba-domba itu berputar dan datang dan masuk dan mulai membangun segala yang telah runtuh dari 73 rumah itu ; tapi para babi hutan mencoba menghalangi mereka, tapi mereka tak sanggup.

Dan mereka mulai lagi membangunnya seperti semula, dan mereka membangun menara itu, dan menara itu diberi nama menara tinggi, dan mereka mulai menempatkan meja sajian di depan menara itu, tapi semua roti padanya tercemar dan tak murni. 74 Dan setelah menyentuh segalanya ini mata para domba itu dibutakan agar mereka tak melihat, dan (mata) para gembala juga ; dan mereka membawa mereka dalam jumlah besar kepada gembala mereka untuk 75 dihancurkan, dan mereka meginjak-injak para domba dengan kaki mereka dan memangsa mereka. Dan Tuhan para domba tetap tak tergerakkan hingga para domba tersebar di seluruh ladang dan  bercampur dengan mereka (jadi para 76 hewan liar), dan mereka (jadi para gembala) tidak menyelamatkan mereka dari tangan para hewan liar. Dan ia yang menulis buku membawanya, dan menunjukkan dan membacakannya kepada Tuhan para domba, dan memohon ampun kepadanya atas nama mereka, dan memohon kepadanya atas mereka selagi ia menunjukkan kepada-Nya segala tingkah laku 77 para gembala, dan bersaksi di hadapan-Nya melawan semua gembala. Dan ia mengambil buku itu dan meletakkannya di sebelah-Nya dan pergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Abraham Berasal Dari Ur atau Haran?

Abraham berasal dari kota Haran dan bukan dari kota Ur-Kasdim, ya itulah pendapat beberapa para ahli biblikal moderen, mengapa mereka berpen...