Selasa, 26 April 2016

Kitab Henokh, bab 90

Indeks kitab Henokh

Bab 90

Periode ketiga - dari Alexander Agung hingga dominasi Greko-syria.


1 Dan aku menyaksikan hingga dengan cara ini tiga puluh lima gembala melaksanakan tugasnya membawa (domba-domba itu) merumput, dan beberapa dari mereka menyelesaikan masa mereka seperti yang pertama ; dan yang lain menerima mereka dalam 2 tangannya, untuk membawa mereka merumput pada masanya, masing-masing gembala pada masanya. Dan setelah itu aku melihat dalam mimpiku semua burung dari surga datang, elang, burung bangkai, burung layang-layang, burung gagak, tetapi elang-elang memimpin burung- burung itu ; dan mereka mulai memangsa domba-domba itu, dan mencongkel mata mereka dan 3 memangsa daging mereka. Dan para domba menangis karena daging mereka yang sedang dimangsa burung- burung, 4 dan aku menatap dan bersedih dalam tidurku atas gembala yang membawa mereka merumput. Dan aku menyaksikan hingga domba-domba itu dimangsa oleh anjing-anjing dan elang- elang dan burung layang-layang, dan tak tersisa baik daging maupun kulit maupun otot pada mereka hingga hanya tulang- tulang mereka berdiri di sana : dan tulang- tulang mereka pun jatuh 5 ke bumi dan domba-domba itu menjadi sedikit. Dan aku melihat hingga dua puluh tiga telah melaksanakan tugas penggembalaannya dan menyelesaikan beberapa masa mereka lima puluh delapan kali.

Periode ke-empat - Greko-syria hingga pemberontakan Makabe.

6 Tapi lihatlah anak-anak domba lahir dari domba putih itu, dan mereka mulai membuka matanya dan melihat, 7 mulai menangis kepada para domba itu. Ya, mereka  menangis kepada mereka, tapi mereka tidak mendengar apa yang dikatakan kepada 8 mereka, tapi mereka terlalu tuli, dan mata mereka terlalu buta. Dan aku melihat dalam mimpiku betapa gagak- gagak terbang di atas anak-anak domba itu dan menyambar salah satu anak domba itu, dan menghamburkan para domba itu 9 dan memangsa mereka. Dan aku melihat hingga tanduk tumbuh pada anak-anak domba itu, dan para gagak menghormati tanduk mereka ; dan aku menyaksikan hingga tumbuhlah sebentuk tanduk yang besar pada salah satu domba itu, dan mata mereka 10 dibukakan. Dan ia menatap kepada mereka dan mata mereka dibukakan, dan ia berteriak kepada para domba, dan 11 domba- domba jantan melihatnya dan semua berlari kepadanya. Dan meskipun semua ini elang-elang dan burung-burung bangkai dan gagak-gagak dan burung layang-layang itu terus merobek-robek para domba dan terbang menukik kepada mereka dan memangsa mereka : tetap para domba diam membisu, tapi para domba jantan bersedih dan menangis. Dan gagak-gagak itu berkelahi dan bertempur dengannya dan mencoba mengatasi tanduknya, tapi mereka tak mampu.

Penyerangan terakhir kaum tak bersunat kepada kaum Yahudi.


Semua elang dan burung bangkai dan gagak dan burung layang-layang berkumpul bersama, dan datanglah bersama mereka semua domba di ladang, ya, mereka semua datang bersama, dan saling membantu mematahkan tanduk domba jantan itu.

19 Dan aku melihat hingga sebilah pedang besar diberikan kepada para domba itu, dan para domba itu pergi melawan semua hewan di ladang itu dan membunuh mereka, dan semua hewan dan burung-burung dari langit berlarian di hadapan mereka. Dan aku melihat orang itu, yang menuliskan buku berdasarkan perintah Tuhan, hingga ia membuka buku mengenai penghancuran yang dilakukan kedua belas gembala terakhir itu, dan menunjukkan bahwa mereka menghancurkan jauh lebih banyak daripada para pendahulu mereka, di hadapan Tuhan para domba. Dan aku melihat Tuhan para domba datang kepada mereka dan membawa di tangan-Nya tongkat kemurkaan-Nya, dan memukul bumi, dan bumi terbelah, dan semua hewan dan semua burung dari langit jatuh  dari antara domba-domba itu, dan mereka tertelan ke dalam bumi dan bumi menutupinya.

Penghakiman akan malaikat yang jatuh, para gembala, kaum murtad

20 Dan aku melihat hingga sebuah singgasana didirikan di tanah yang bahagia itu, dan Tuhan para domba duduk di situ, dan yang lain mengambil buku- buku yang terkunci itu dan membuka buku-buku itu di hadapan Tuhan para domba. 21 Dan Tuhan memanggil ketujuh orang putih yang pertama itu, dan memerintahkan mereka membawa ke hadapan-Nya, mulai dari bintang pertama yang memimpin, semua bintang yang alat vitalnya 22 menyerupai kuda, dan mereka membawa mereka semua ke hadapan- Nya. Dan Ia berkata kepada ia yang menulis di hadapan-Nya, satu dari ketujuh orang putih itu, dan berkata kepadanya : Bawa ketujuh puluh gembala kepada siapa aku menyerahkan domba-domba itu, dan yang atas kekuasaan mereka sendiri membunuh lebih 23 daripada yang telah Kuperintahkan kepada mereka. Dan lihatlah mereka diikat, aku lihat, dan mereka berdiri di hadapan-Nya. 24 Dan penghakiman dijatuhkan mula-mula atas bintang-bintang itu, dan mereka dihakimi dan dinyatakan bersalah, dan dibawa ke tempat kutukan, dan mereka dilemparkan ke dalam sebuah jurang, penuh api dan menyala-nyala, dan penuh 25 tiang-tiang api. Dan ketujuh puluh gembala itu dihakimi dan dinyatakan bersalah, dan mereka dilemparkan 26 ke dalam jurang api itu. Dan aku melihat pada saat itu bagaimana sebuah jurang yang mirip dibuka di tengah-tengah bumi, penuh api, dan mereka membawa domba-domba buta itu, dan mereka semua dihakimi dan dinyatakan bersalah dan 27 dilemparkan ke dalam jurang api ini, dan mereka terbakar ; kini jurang ini berada di sebelah kanan rumah itu. Dan aku melihat domba- domba itu terbakar dan tulang-tulang mereka terbakar.


Yerusalem baru, bertobatnya sisa-sisa kaum tak bersunat, kebangkitan orang kudus, Mesias.


28 Dan aku berdiri untuk menyaksikan hingga mereka melipat rumah tua itu ; dan membawa pergi tiang- tiangnya, dan semua pasaknya dan hiasan rumah itu bersamaan dengan mereka melipatnya, dan mereka membawanya 29 pergi dan menempatkannya di suatu tempat di selatan negeri itu. Dan aku melihat hingga Tuhan para domba membawa sebuah rumah baru lebih besar dan tinggi daripada yang pertama, dan  menempatkannya di tempat yang pertama yang telah dilipat : semua tiangnya adalah baru, dan hiasan-hiasannya adalah baru dan lebih besar daripada yang pertama, yang tua yang telah dibawa-Nya pergi, dan semua domba berada di dalamnya.

30 Dan aku melihat semua domba yang tersisa, dan semua hewan di atas bumi, dan semua burung di langit, jatuh dan menghormati domba-domba itu dan memohon kepada mereka dan mematuhi perintah 31 mereka dalam segala hal. Dan setelah itu ketiga orang yang berpakaian putih dan menggenggam tanganku dan membawaku sebelumnya, dan tangan domba jantan itu juga menggenggamku, mereka 32 membawaku naik dan menempatkanku di antara domba-domba itu sebelum penghakiman dilaksanakan.
 
Dan 33 domba-domba itu seluruhnya putih, dan wol mereka berlimpah dan bersih. Dan semua yang telah dihancurkan dan diceraiberaikan, dan semua hewan dari ladang, dan semua burung dari langit, berkumpul di rumah itu, dan Tuhan para domba berbahagia karena mereka semua baik dan telah kembali ke 34 rumah-Nya. Dan aku menyaksikan hingga mereka meletakkan pedang itu, yang telah diberikan kepada para domba, dan membawanya kembali ke dalam rumah itu, dan pedang itu dikunci di hadapan Tuhan, dan semua domba 35 diundang ke dalam rumah itu, tapi itu tidak menahan mereka. Dan mata mereka semua dibukakan, dan mereka 36 melihat kebaikan, dan tidak ada di antara mereka yang tidak melihat. Dan aku melihat bahwa rumah itu besar dan lebar dan sangat penuh.

37 Dan aku melihat seekor banteng putih lahir, dengan tanduk besar dan semua hewan dari ladang dan semua 38 burung dari langit takut terhadapnya dan membuat permohonan kepadanya selalu. Dan aku melihat hingga segala generasi mereka diubah, dan mereka semua berubah menjadi banteng putih ; dan yang pertama di antara mereka menjadi anak domba, dan anak domba itu berubah menjadi seekor hewan yang besar dan bertanduk hitam besar pada kepalanya ; dan Tuhan para domba 39 berbahagia atasnya dan atas segala sapi- sapi jantan. Dan aku tidur di antara mereka : dan aku terbangun dan melihat segalanya.

40 Inilah bayangan yang  kusaksikan selagi tidur, dan aku terbangun dan memberkati Tuhan kebenaran dan 41 memberinya puja-puji. Lalu aku menangis keras dan air mataku tidak tinggal hingga aku tak lagi mampu menahankannya : ketika aku melihat, mereka mengalir karena apa yang telah kulihat karena segalanya akan terjadi dan 42 terlaksana, dan semua perbuatan manusia pada urutannya ditunjukkan kepadaku. Pada malam itu aku teringat akan mimpi yang pertama, dan karenanya aku menangis dan merasa kesusahan - karena aku telah melihat bayangan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Abraham Berasal Dari Ur atau Haran?

Abraham berasal dari kota Haran dan bukan dari kota Ur-Kasdim, ya itulah pendapat beberapa para ahli biblikal moderen, mengapa mereka berpen...