Selasa, 26 April 2016

Kitab Henokh, bab 37 - 44

Indeks kitab Henokh

Perumpamaan Pertama

Bab 37

1 Mimpi kedua yang dilihatnya, mimpi kebijaksanaan - yang dilihat Henokh putra Yared, putra 2 Mahalaleel, putra Kenan, putra Enos, putra Set, putra Adam. Dan inilah awal kata-kata bijaksana yang kusampaikan dengan suaraku dan kukatakan kepada mereka yang tinggal di bumi : Dengarkanlah kalian, manusia zaman lama, dan lihatlah, kalian yang datang sesudahnya, kata-kata 3 Sang Maha Kudus yang akan kukatakan di hadapan Tuhan Segala Roh. Lebih baik mengatakan (mereka hanya) kepada manusia zaman lama, tapi bahkan bagi mereka yang datang setelah itu kami tidak akan menahan awal kebijaksanaan. 4 Hingga hari ini kebijaksanaan seperti ini belum pernah diberikan Tuhan Segala Roh seperti yang telah kuterima menurut bayanganku, menurut keinginan Tuhan Segala Roh oleh siapa kumpulan 5 kehidupan abadi telah diberikan kepadaku. Sekarang tiga kisah diberikan kepadaku, dan aku mengangkat suaraku dan menceritakan mereka kepada mereka yang hidup di atas bumi.

Penghakiman orang berdosa.

Bab 38

1 Kisah pertama. Ketika persekutuan orang benar muncul, Dan pendosa dihakimi atas dosa-dosa mereka, Dan akan dienyahkan dari muka bumi : 2 Dan ketika Yang Maha Benar akan muncul di hadapan mata para orang benar, Yang karya terpilihnya tergantung di depan Tuhan Segala Roh, Dan cahaya akan nampak bagi mereka yang benar dan mereka yang terpilih yang tinggal di atas bumi, Di mana saat itu akan menjadi tempat tinggal para pendosa, Dan di mana tempat beristirahat mereka yang mengingkari Tuhan Segala Roh ? Akan lebih baik bagi mereka jika mereka tidak dilahirkan.  3 Ketika rahasia orang-orang benar akan dibukakan dan para pendosa dihakimi, Dan orang yang tak ber-Tuhan dienyahkan dari hadapan para orang benar dan terpilih, 4 Sejak saat itu mereka yang menguasai bumi tidak lagi berkuasa dan diagungkan : Dan mereka tidak akan bisa menatap wajah para kudus, Karena Tuhan Segala Roh telah menampakkan cahaya-Nya Di wajah para kudus, benar, dan terpilih.  5 Maka para raja dan orang kuat akan musnah Dan diberikan ke tangan orang benar dan kudus. 6 Dan sejak saat itu tak ada lagi yang akan mencari belas kasihan dari Tuhan Segala Roh Karena hidup mereka telah berakhir.

Tempat untuk orang-orang benar dan terpilih

Bab 39


1 Dan akan terjadi pada masa itu bahwa anak-anak yang terpilih dan kudus akan turun dari 2 surga, dan benih mereka akan menjadi satu dengan anak-anak manusia. Dan pada hari-hari itu Henokh menerima kitab-kitab napsu dan kemarahan, dan kitab-kitab kekacauan dan pembuangan.  Dan belas kasihan tak akan diberikan kepada mereka, kata Tuhan Segala Roh.

3 Dan pada hari-hari itu sebuah angin puyuh membawaku dari bumi, Dan menurunkanku di ujung langit. 4 Dan di sana aku melihat mimpi lain, tempat tinggal para kudus, Dan tempat istirahat para orang benar. 5 Di sini mataku melihat tempat tinggal mereka dengan malaikat-malaikat-Nya yang benar, Dan tempat istirahat mereka bersama orang kudus.  Dan mereka memohon dan meminta ampun dan berdoa bagi anak-anak manusia, Dan kebenaran mengalir dari mereka seperti air, Dan belas kasihan seperti embun di atas tanah : Karena itu berada di antara mereka selama-lamanya. 6a Dan di tempat itu mataku melihat Yang Terpilih karena kebenaran dan karena iman, 7a Dan aku melihat tempat tinggalnya di bawah sayap Tuhan Segala Roh. 6b Dan kebenaran akan berjaya pada masanya, Dan orang benar dan terpilih akan berlimpah di hadapan-Nya untuk selama- lamanya. 

7b Dan semua orang benar dan terpilih di hadapan-Nya akan menjadi kuat seperti cahaya yang menyala-nyala, Dan mulut mereka akan penuh dengan berkat,  Dan bibir mereka mengagungkan nama Tuhan Segala Roh, Dan kebenaran di hadapan-Nya tak akan pernah padam, [Dan kebenaran tidak akan pernah padam di hadapan-Nya.] 8 Di sanalah aku ingin tinggal, Dan rohku mengharapkan tempat tinggal itu :  Dan di sana sebelumnya telah menjadi bagianku, Karena begitulah telah ditetapkan mengenai diriku di depan Tuhan Segala Roh.

9 Pada hari-hari itu aku memuja dan mengagungkan nama Tuhan Segala Roh dengan berkat dan puja-puji, karena Ia telah menakdirkan aku untuk berkat dan kejayaan menurut keinginan Tuhan Segala 10 Roh. Untuk waktu yang lama mataku memandang tempat itu, dan aku memberkati-Nya dan memuja-Nya, dengan berkata : Diberkatilah Ia, dan berkat melimpahi-Nya dari awal dan untuk selamanya. Dan di hadapan-Nya tak ada akhir. Ia tahu sebelum dunia di ciptakan apa yang abadi dan apa yang akan terjadi dari 12 generasi ke generasi. Mereka yang tidak tidur memberkati-Mu : mereka berdiri di hadapan kejayaan-Mu dan memberkati, memuja, dan mengagungkan, dengan berkata : “Kudus, kudus, kudus, adalah Tuhan Segala Roh : Ia mengisi dunia dengan 3 roh.” Dan di sini mataku melihat mereka yang tidak tidur : mereka berdiri di depan-Nya dan memberkati dan berkata : Diberkatilah Engkau, dan diberkatilah nama Tuhan selama-lamanya. Dan wajahku berubah; karena aku tidak mampu lagi melihat.


4 Malaikat Utama

Bab 40


1 Dan setelah itu aku melihat ribuan ribu dan puluhan ribu kali puluhan ribu, aku melihat limpahan 2 di luar jangkauan angka dan hitungan, yang berdiri di hadapan Tuhan Segala Roh. Dan di keempat sisi Tuhan Segala Roh aku melihat empat roh, berbeda dari mereka yang tidak tidur, dan aku mengetahui nama mereka : karena malaikat yang bersamaku memberitahuku nama mereka, dan menunjukkan kepadaku semua hal- hal yang tersembunyi. 3 Dan aku mendengar suara keempat roh itu saat mereka mengucapkan pujaan di hadapan Tuhan yang jaya. 4,5 Suara yang pertama memberkati Tuhan Segala Roh selama- lamanya. Dan suara yang kedua kudengar memberkati 6 Sang Terpilih dan orang- orang terpilih yang bergantung kepada Tuhan Segala Roh. Dan suara ketiga kudengar berdoa dan memohon ampun untuk mereka yang tinggal di atas bumi dan memohon dalam nama Tuhan Segala Roh. 7 Dan aku mendengar suara keempat mengusir Setan-setan dan melarang mereka datang ke hadapan Tuhan 8 Segala Roh untuk menuduh mereka yang hidup di atas bumi. Setelah itu aku bertanya kepada malaikat kedamaian yang datang denganku, yang memberitahukan kepadaku segala hal yang tersembunyi : Siapakah empat roh yang telah 9 kulihat dan kata-kata siapakah yang telah kudengar dan kucatat ? Dan katanya kepadaku : Yang pertama adalah Michael, yang penuh belas kasih dan sabar terhadap penderitaan : dan yang kedua, yang ditugaskan atas segala penyakit dan segala luka-luka anak-anak manusia, adalah Raphael : dan yang ketiga, yang ditugaskan atas segala kekuatan, adalah Gabriel : dan yang keempat, yang ditugaskan atas penyesalan dan harapan mereka yang mewarisi kehidupan abadi, diberi nama Phanuel. 10 Dan mereka ini adalah keempat malaikat Tuhan Segala Roh dan keempat suara yang kudengar pada hari- hari itu. 

Rahasia Astronomi

Bab 41


1 Dan setelah itu aku melihat semua rahasia langit, dan bagaimana kerajaan itu dibagi-bagi, dan bagaimana 2 perbuatan- perbuatan manusia diukur dalam timbangan. Dan di sana aku melihat rumah-rumah megah milik orang-orang terpilih dan rumah-rumah megah milik orang-orang kudus, dan mataku melihat di  sana para pendosa sedang diusir dari sana yang menyangkal nama Tuhan Segala Roh, dan sedang diseret pergi : dan mereka tidak dapat tinggal karena hukuman yang telah dijatuhkan oleh Tuhan Segala Roh. 3 Dan di sana mataku melihat rahasia kilat dan guntur, dan rahasia angin, bagaimana mereka dibagi- bagi untuk bertiup di atas bumi, dan rahasia awan dan embun, dan di sana 4 aku melihat dari mana mereka datang ke tempat itu dan dari mana mereka membasahi bumi yang berdebu. Dan di sana aku melihat ruang-ruang tertutup tempat dari mana angin dibagi-bagi, ruang hujan es dan angin, ruang kabut, dan awan, dan awan di sana melayang di atas bumi sejak 5 awal dunia. Dan aku melihat ruang matahari dan bulan, tempat dari mana mereka datang dan ke mana mereka kembali lagi, dan kembalinya mereka dengan kejayaan, dan bagaimana yang satu lebih hebat dari yang lain, dan orbit mereka yang teratur, dan bagaimana mereka tidak meninggalkan orbitnya, dan mereka tidak menambahkan apapun pada orbitnya dan mereka tidak menguranginya, dan mereka percaya satu sama lain, menurut sumpah yang 6 mengikat mereka bersama. Dan mula-mula matahari terbit dan menjalani jalurnya menurut perintah 7 Tuhan Segala Roh, dan berjayalah nama- Nya selama-lamanya. Dan setelah itu aku melihat jalur bulan yang tersembunyi dan yang terlihat, dan ia melaksanakan jalur orbitnya di tempat itu siang dan malam - yang satu mengambil posisi berlawanan dari yang lain di hadapan Tuhan Segala Roh. Dan mereka berterima kasih dan memuja dan tidak beristirahat; Karena pada merekalah rasa terima kasih mereka berada. 8 Karena matahari sering berubah untuk sebuah berkat atau sebuah kutukan, Dan jalur orbit bulan adalah cahaya bagi orang benar Dan kegelapan bagi para pendosa dalam nama Tuhan, Yang membuat pemisahan di antara cahaya dan kegelapan, Dan membagi roh manusia, Dan menguatkan roh orang-orang benar, Dalam nama kebenaran-Nya.  9 Karena tak seorangpun malaikat menghalangi dan tak ada kuasa yang mampu menghalangi, karena Ia menunjuk seorang hakim bagi mereka semua dan Ia menghakimi mereka semua di hadapan- Nya.

Tempat untuk orang-orang benar dan orang berdosa

Bab 42


1 Kebijaksanaan tidak dapat menemukan tempat untuk tinggal, Maka sebuah tempat tinggal diberikan kepadanya di langit.  2 Kebijaksanaan membuat tempat tinggalnya di antara anak manusia, Dan tak menemukan tempat :  Kebijaksanaan kembali ke tempatnya, Dan duduk di antara para malaikat.  3 Dan kejahatan pergi dari ruangannya : Yang tidak ia cari ditemukannya, Dan tinggal bersama mereka, Seperti hujan di padang pasir Dan embun di tanah yang haus.

Rahasia Astronomi lanjutan

Bab 43 


1 Dan aku melihat kilat-kilat lain dan bintang-bintang surga, dan aku melihat bagaimana Ia memanggil mereka dengan 2 namanya dan mereka mendengarkan- Nya. Dan aku melihat mereka ditimbang pada timbangan kebenaran menurut perbandingan cahaya mereka : (aku melihat) lebar tempat mereka dan hari pemunculan mereka, dan bagaimana gerak revolusi mereka menghasilkan kilat : dan (aku melihat) gerak revolusi mereka menurut 3 jumlah malaikat, dan (bagaimana) mereka saling percaya satu sama lain. Dan aku bertanya kepada malaikat yang 4 bersamaku yang menunjukkan kepadaku hal-hal yang tersembunyi : Apakah ini ? Dan ia berkata kepadaku : Tuhan Segala Roh telah menunjukkan kepadamu arti perumpamaan mereka (maksudnya kisah mereka) : ini adalah nama-nama para orang kudus yang tinggal di atas bumi dan beriman kepada nama Tuhan Segala Roh untuk selama-lamanya. 

Bab 44  


Juga fenomena lain yang kulihat tentang kilat-kilat itu : bagaimana beberapa bintang terbit dan menjadi kilat dan tidak bisa meninggalkan bentuknya yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Abraham Berasal Dari Ur atau Haran?

Abraham berasal dari kota Haran dan bukan dari kota Ur-Kasdim, ya itulah pendapat beberapa para ahli biblikal moderen, mengapa mereka berpen...