Selasa, 26 April 2016

Kitab Henokh, bab 58 - 71

Indeks kitab Henokh

Perumpamaan ke-tiga.

Berkat orang suci.

Bab 58

1 Dan aku mulai berbicara tentang kisah ketiga mengenai mereka yang benar dan terpilih. 2 Diberkatilah kalian, yang benar dan terpilih, Karena jayalah kelompokmu. 3 Dan mereka yang benar akan disinari matahari. Dan yang terpilih dalam cahaya kehidupan abadi : Hari-hari hidup mereka tak akan berakhir, Dan hari-hari mereka yang kudus tak dapat dihitung.  4 Dan mereka akan mencari cahaya dan menemukan kebenaran dengan Tuhan Segala Roh : Kedamaian akan datang pada mereka yang benar dalam nama Tuhan Abadi. 5 Dan setelah ini akan dikatakan kepada para kudus di surga  Bahwa mereka harus mencari rahasia kebenaran, warisan iman : Karena terang matahari telah bersinar di atas bumi, Dan kegelapan telah lewat.  6 Dan cahaya yang tak pernah padam akan datang, Dan mereka tak akan berakhir hingga batas (maksudnya jumlah) hari kapanpun, Dan kegelapan akan dihancurkan lebih dulu, [Dan terang dibangun di hadapan Tuhan Segala Roh] Dan cahaya kebenaran dibangun selamanya di hadapan Tuhan Segala Roh.

Petir dan Cahaya.

Bab 59

1 Pada hari-hari itu mataku melihat rahasia kilat, dan terang, dan penghakiman yang mereka laksanakan (maksudnya penghakiman mereka) : dan mereka bercahaya untuk sebuah berkat atau sebuah kutukan seperti diinginkan Tuhan Segala 2 Roh. Dan di sana aku melihat rahasia guntur, dan bagaimana ia bergema di atas di surga, suaranya terdengar, dan ia menyebabkanku melihat penghakiman-penghakiman dilaksanakan di atas bumi, baik untuk rahmat dan berkat, atau untuk suatu kutukan menurut kata-kata Tuhan Segala Roh. 3 Dan setelah itu segala rahasia cahaya dan kilat ditunjukkan kepadaku, dan mereka bercahaya untuk rahmat dan untuk penyelesaian.


Guncangan di Surga : Behemoth dan Leviahtan. (Cuplikan Kitab Nuh)

Bab 60

1 Pada tahun 500, pada bulan ketujuh, pada hari keempat belas dari bulan itu pada masa kehidupan Henokh. Dalam kisah itu aku melihat bagaimana suatu gempa besar membuat surga dari langit bergoyang, dan rakyat Yang Maha Tinggi, dan para malaikat, ribuan ribu dan sepuluh ribu kali sepuluh ribu, 2 sangat terganggu. Dan Pemimpin Segala Masa duduk di singgasana kejayaan-Nya, dan para malaikat dan orang-orang benar duduk di sekelilingnya.  3 Dan gemetar yang hebat menguasaiku, Dan ketakutan melandaku, Dan pinggangku melemah, Dan mencairlah kuasaku, Dan aku jatuh tertelungkup. 4 Dan Michael mengirim malaikat lain dari antara orang-orang kudus dan membantuku bangkit, dan ketika ia membantuku bangkit semangatku kembali ; karena aku tidak mampu melihat keadaan rakyat ini, dan 5 kekacauan dan gempa yang terjadi di surga. Dan Michael berkata kepadaku : Mengapa engkau terguncang oleh bayangan itu ? Hingga hari ini berakhirlah hari belas kasihan-Nya ; dan Ia telah berbelas kasihan dan 6 sabar terhadap mereka yang hidup di atas bumi. Dan ketika hari itu, dan kuasa, dan hukuman, dan penghakiman itu tiba, yang telah dipersiapkan Tuhan Segala Roh bagi mereka yang tidak memuja hukum kebenaran, dan bagi mereka yang menyangkal penghakiman yang benar, dan bagi mereka yang menyia-nyiakan nama-Nya - hari itu sedang dipersiapkan, bagi yang terpilih suatu perjanjian, tapi bagi para pendosa suatu pemeriksaan. 25 Ketika hukuman Tuhan Segala Roh jatuh atas mereka, itu akan datang agar hukuman Tuhan Segala Roh tidak datang, sia-sia, dan itu akan membunuh anak- anak bersama ibunya dan anak-anak bersama ayahnya. Setelah itu penghakiman akan dilaksanakan menurut belas kasihan-Nya dan kesabaran-Nya.

7 Dan pada hari itu dua makhluk berpisah, yang betina bernama Leviathan, untuk tinggal di 8 jurang-jurang laut di atas sumber-sumber air. Tapi yang jantan bernama Behemoth, yang menguasai dengan dadanya rimba gersang bernama Duidain, di timur taman di mana orang terpilih dan benar tinggal, di mana kakekku diangkat ke atas, yang ketujuh dari Adam, 9 orang pertama yang diciptakan Tuhan Segala Roh. Dan aku memohon malaikat yang lain untuk menunjukkan kepadaku kekuatan makhluk-makhluk itu, bagaimana mereka berpisah pada suatu hari dan dilemparkan, yang satu ke dalam jurang-jurang 10 laut, dan yang lain ke tanah rimba yang kering. Dan ia berkata kepadaku : Kau anak manusia, karena itu kau mencaritahu yang  tersembunyi. 11 Dan malaikat lain yang bersamaku dan menunjukkan kepadaku apa yang tersembunyi memberitahuku apa yang pertama dan terakhir di surga dalam ketinggian, dan di bawah bumi dalam kedalaman, dan di ujung-ujung 12 surga, dan pada dasar surga. Dan ruangan angin, dan bagaimana angin dibagi-bagi, dan bagaimana mereka ditimbang, dan (bagaimana) gerbang-gerbang angin dihitung, masing-masing menurut kekuatan angin itu, dan kekuatan cahaya bulan, dan menurut kekuatan yang cocok : dan pembagian bintang-bintang menurut nama mereka, dan bagaimana segala pembagian itu 13 dibagi-bagi. Dan guntur menurut tempat mereka jatuh, dan segala pembagian yang dibuat di antara kilat-kilat agar bercahaya, dan kumpulan mereka agar mereka segera patuh. 14 Karena guntur memiliki tempat-tempat beristirahat (yang) telah ditetapkan (untuknya) selagi menunggu gilirannya bergemuruh ; dan guntur dan kilat tak dapat dipisahkan, dan meskipun bukan satu dan tak terbagi, mereka pergi bersama 15 melalui roh dan tidak berpisah. Karena ketika kilat bercahaya, guntur mengangkat suaranya, dan roh memaksakan jeda ketika gemuruh terdengar, dan membagi rata di antara mereka ; karena harta karun gemuruh mereka seperti pasir, dan masing-masing dari mereka selagi bergemuruh diikat dengan kekang, dan ditolak oleh kekuatan roh, dan didorong maju ke tempat-tempat tinggal bumi. 16 Dan roh laut adalah jantan dan kuat, dan dengan kuasa kekuatannya ia menariknya kembali dengan kekang, dan dengan cara yang sama ia didorong maju dan menyebar di antara segala gunung 17 di bumi.

Dan roh bunga es adalah malaikatnya sendiri, dan roh hujan es adalah 18 malaikat yang baik. Dan roh salju telah meninggalkan ruangannya karena kekuatannya - Ada roh yang istimewa di dalamnya, dan yang naik dari situ adalah seperti asap, dan namanya adalah bunga es. Dan roh kabut tidaklah bergabung mereka dalam ruangan mereka, melainkan mempunyai ruangannya sendiri, karena jalurnya adalah indah baik dalam terang maupun gelap, dan pada musim dingin ataupun panas, dan dalam ruangannya adalah seorang malaikat. 20 Dan roh embun berdiam di ujung-ujung surga, dan  terhubung dengan ruangan hujan, dan jalurnya adalah pada musim dingin dan panas : dan awannya dan awan 21 kabut adalah berhubungan, dan yang satu memberi kepada yang lain. Dan ketika roh hujan pergi dari ruangannya, para malaikat datang dan membuka ruangannya dan membawanya keluar, dan ketika ia tersebar di atas seluruh bumi ia bersatu dengan air di bumi. Dan kapanpun ia bersatu dengan air di atas 22 bumi . . . Karena air adalah bagi mereka yang hidup di atas bumi, karena ia adalah makanan bagi bumi dari Yang Maha Tinggi yang berada di surga : karena itulah ada ukuran bagi hujan, 22 dan para malaikat yang menanganinya. Dan hal-hal ini yang kulihat di arah Taman Kebenaran. 23 Dan malaikat damai yang bersamaku berkata kepadaku : Kedua makhluk ini, dipersiapkan mirip dengan kebesaran Tuhan, akan makan . . .

Penentuan Surga oleh para Malaikat : ganjaran untuk orang kudus.

Bab 61

1 Dan aku melihat pada hari-hari itu bagaimana kawat yang panjang diberikan kepada malaikat-malaikat itu, dan mereka memakai sayap dan terbang, dan mereka pergi ke arah utara. 2 Dan aku bertanya kepada malaikat itu, berkata kepadanya : Mengapa (malaikat-malaikat) itu mengambil kawat itu dan pergi ? Dan ia berkata kepadaku : Mereka pergi untuk mengukur.  3 Dan malaikat yang bersamaku berkata kepadaku : Mereka akan membawa ukuran para orang benar, Dan tali-tali kebenaran pada orang-orang benar, Agar mereka dapat tinggal dalam nama Tuhan Segala Roh selama-lamanya.  4 Mereka yang terpilih akan tinggal bersama yang terpilih, Dan itu adalah ukuran yang akan diberikan kepada iman Dan yang akan menguatkan kebenaran. 5 Dan ukuran-ukuran ini akan membukakan segala rahasia kedalaman bumi,  Dan mereka yang dihancurkan padang pasir, Dan mereka yang ditelan hewan-hewan buas, Dan mereka yang ditelan ikan-ikan dari laut, Agar mereka dapat kembali dan tinggal Pada hari Ia Yang Terpilih ; Karena tak ada yang akan dihancurkan di hadapan Tuhan Segala Roh, Dan tak ada yang dapat dihancurkan.  6 Dan semua yang tinggal di atas di surga menerima perintah dan kuasa dan satu suara dan satu cahaya seperti kepada api. 7 Dan Ia (dengan) kata-kata pertama mereka diberkati, Dan diagungkan dan dipuja dengan kebijaksanaan, Dan mereka bijak dalam perkataan dan dalam roh kehidupan. 8 Dan Tuhan Segala Roh menempatkan Ia Yang Dipilih di atas singgasana kejayaan. Dan ia akan menghakimi segala karya para kudus di surga, Dan dengan timbangan perbuatan- perbuatan mereka akan diukur  9 Dan ketika ia mengangkat wibawanya Untuk menghakimi cara-cara rahasia mereka menurut nama Tuhan Segala Roh, Dan jalur mereka menurut jalan penghakiman kebenaran dari Tuhan Segala Roh, Maka mereka akan berbicara dengan satu suara dan memberkati, Dan mengagungkan dan memuja dan menyucikan nama Tuhan Segala Roh.  10 Dan Ia akan memanggil segenap rakyat langit, dan semua orang kudus di atas, dan pengikut Tuhan, malaikat kerub, malaikat Seraphin dan malaikat Ophannin, dan semua malaikat kekuasaan, dan semua malaikat pemimpin, dan Ia Yang Terpilih, dan kuasa-kuasa lain di atas bumi (dan) di atas air. Pada hari itu mereka akan bersuara bersama-sama, dan memberkati dan mengagungkan dan memuja dalam roh iman, dan dalam roh kebijaksanaan, dan dalam roh kesabaran, dan dalam roh belas kasihan, dan dalam roh penghakiman dan damai, dan dalam  roh kebaikan, dan mereka akan berkata bersama-sama : “Diberkatilah Ia, dan terberkatilah nama Tuhan Segala Roh selama-lamanya.”  12 Semua yang tidak tidur di atas di surga akan memberkati-Nya : Semua orang kudus di surga akan memberkati-Nya, Dan mereka yang terpilih yang hidup di taman kehidupan :  Dan setiap roh terang yang mampu memberkati, dan mengagungkan, dan memuja, dan menyucikan nama-Mu yang suci, Dan segala daging dengan tanpa batas akan memuja dan memberkati nama-Mu selama-lamanya.  13 Karena besarlah belas kasihan Tuhan Segala Roh, dan Ia sabar, Dan segala karya-Nya dan semua yang diciptakan-Nya telah dibukakan-Nya kepada para orang benar dan terpilih Dalam nama Tuhan Segala Roh.

Penghakiman atas para raja dan orang hebat : berkah untuk orang kudus.

Bab 62

1 Dan maka Tuhan memerintahkan para raja dan orang kuat dan mereka yang diagungkan, dan mereka yang tinggal di atas bumi, dan berkata :  Bukalah matamu dan angkatlah sangkakalamu jika kalian mampu mengenali Ia Yang Terpilih. 2 Dan Tuhan Segala Roh menempatkannya pada singgasana kejayaan-Nya, Dan roh kebenaran dituangkan kepadanya, Dan kata-kata dari mulutnya membunuh para pendosa, Dan segala kejahatan akan dihancurkan dari hadapan mukanya. 3 Dan di sanalah akan berdiri pada hari itu semua raja dan orang kuat, Dan mereka yang diagungkan dan mereka yang menguasai bumi, Dan mereka akan melihat dan mengenali bagaimana ia duduk di singgasana kejayaannya, Dan kebenaran dihakimi di hadapannya,  Dan tak ada kata kebohongan yang diucapkan di hadapannya.  4 Lalu kesakitan akan datang atas mereka seperti wanita yang melahirkan, [Dan ia kesakitan saat melahirkan] Ketika anaknya memasuki mulut rahimnya, Dan ia kesakitan saat melahirkan.  Dan sebagian dari mereka akan menoleh kepada yang lain, Dan mereka akan ketakutan, Dan wibawa mereka akan jatuh, Dan kesakitan akan menguasai mereka, Ketika mereka melihat Anak Manusia itu duduh di singgasana kejayaannya.  6 Dan para raja dan orang-orang kuat dan mereka yang menguasai bumi akan memberkati dan mengagungkan dan memuja ia yang memimpin semuanya, yang tersembunyi.  7 Karena sejak awal mula Anak Manusia disembunyikan, Dan Sang Maha Tinggi melindunginya dengan kekuatan-Nya, Dan membukakannya kepada mereka yang terpilih.  8 Dan persekutuan orang terpilih dan kudus akan ditaburkan, Dan semua orang terpilih akan berdiri di hadapannya pada hari itu.  9 Dan semua raja dan orang kuat dan mereka yang diagungkan dan mereka yang menguasai bumi Akan jatuh telungkup di hadapannya, Dan memuja dan menumpukan harapan mereka pada Anak Manusia itu, Dan memohon kepadanya dan meminta ampun dari tangannya. 10 Meskipun demikian Tuhan Segala Roh akan mengusir mereka, Agar mereka segera enyah dari hadapan- Nya, Dan muka mereka akan dipenuhi rasa malu, Dan kegelapan semakin dalam pada muka mereka. 11 Dan Ia akan mengantar mereka pada malaikat-malaikat penghukum,  Untuk melaksanakan balas dendam atas mereka karena mereka telah menekan anak-anak-Nya dan orang-orang yang dipilih-Nya 12 Dan mereka akan menjadi tontonan bagi orang-orang benar dan mereka yang dipilih-Nya : Mereka akan berbahagia atas mereka, Karena murka Tuhan Segala Roh jatuh pada mereka, Dan pedang-Nya mabuk oleh darah mereka.  13 Dan orang-orang benar dan terpilih akan diselamatkan pada hari itu, Dan mereka tak akan pernah lagi melihat wajah para pendosa dan orang-orang jahat.  14 Dan Tuhan Segala Roh akan tinggal di atas mereka, Dan mereka akan makan bersama Anak Manusia itu Dan tidur dan bangkit untuk selama- lamanya.  15 Dan para orang benar dan terpilih akan bangkit dari bumi, Dan berhenti menjadi orang yang hina. Dan mereka akan diberikan pakaian- pakaian indah,  16 Dan ini adalah pakaian-pakaian kehidupan dari Tuhan Segala Roh :  Dan pakaianmu tak akan usang oleh usia, Tidak juga kejayaanmu akan sirna di hadapan Tuhan Segala Roh.

Pertobatan sia-sia dari para raja dan orang hebat.

Bab 63

1 Pada hari-hari itu orang-orang kuat dan raja-raja yang menguasai bumi akan memohon (kepada-Nya) untuk memberikan mereka sedikit istirahat dari malaikat-malaikat penghukum-Nya kepada siapa mereka dibawa, agar mereka dapat 2 berlutut dan memuja Tuhan Segala Roh, dan mengakui dosa-dosa mereka kepada- Nya. Dan mereka akan memberkati dan mengagungkan Tuhan Segala Roh, dan berkata :  Diberkatilah Tuhan Segala Roh dan Tuhan raja-raja,  Dan Tuhan orang-orang kuat dan Tuhan orang-orang kaya, Dan Tuhan yang jaya dan Tuhan yang bijaksana,  3 Dan megahlah dalam segala hal rahasia kuasa-Mu dari generasi ke generasi, Dan kejayaan-Mu selama-lamanya : Dalamlah rahasia-Mu dan tak terhingga jumlahnya, Dan kebenaran-Mu tak terhitung.  4 Kami kini tahu bahwa kami harus mengagungkan Dan memberkati Tuhan raja-raja dan Ia yang adalah raja di atas segala raja. 5 Dan mereka akan berkata : Kiranya kami dapat beristirahat untuk mengagungkan dan berterima kasih Dan mengakui iman kami di hadapan kejayaan-Nya !  6 Dan kini kami mengharapkan sedikit istirahat tapi tidak menemukannya : Kami mencari-cari tapi tidak mendapatkan(nya) :  Dan terang telah menghilang dari hadapan kami, Dan kegelapan adalah tempat kami untuk selama-lamanya :  7 Karena kami tidak mempercayai-Nya Dan tidak mengagungkan nama Tuhan Segala Roh, [juga tidak mengagungkan Tuhan kami]  Tapi harapan kami bertumpu pada tongkat kekuasaan kerajaan kami, Dan pada kejayaan kami.  8 Dan pada hari penderitaan dan kesakitan kami Ia tidak menyelamatkan kami, Dan kami tidak mendapatkan jeda untuk pengakuan.  Bahwa Tuhan kami adalah benar dalam segala karya-Nya, dan dalam penilaian- Nya dan keadilan-Nya, Dan penghakiman-Nya tidak membeda- bedakan orang.  Dan kami berlalu dari hadapan muka-Nya karena perbuatan-perbuatan kami,  Dan semua dosa-dosa kami diperhitungkan dalam kebenaran.  10 Kini mereka akan berkata kepada dirinya sendiri : Roh kami penuh dengan kekayaan yang tak benar, tapi itu tidak mencegah kami dari kejatuhan dari tengah-tengahnya ke dalam beban Sheol.  11 Dan setelah itu wajah mereka akan dipenuhi kegelapan Dan malu di hadapan Anak Manusia itu, Dan mereka akan diusir dari hadapannya, Dan pedang akan tinggal di hadapannya di tengah-tengah mereka.  12 Maka bersabdalah Tuhan Segala Roh : Ini adalah ketetapan dan penghakiman bagi orang-orang kuat dan raja-raja dan mereka yang diagungkan dan mereka yang menguasai bumi di hadapan Tuhan Segala Roh.

Penglihatan atas para malaikat yang jatuh ditempat penghukuman.

Bab 64

1,2 Dan bentuk-bentuk lain kulihat tersembunyi di tempat itu. Aku mendengar suara malaikat berkata : Ini adalah malaikat-malaikat yang turun ke bumi, dan membukakan hal-hal tersembunyi kepada anak-anak manusia dan menggoda anak- anak manusia ke dalam perbuatan dosa.


Ucapan Henokh untuk Nuh mengenai Banjir dan mewarisi segala penglihatannya.

Bab 65

1,2 Dan pada hari-hari itu Nuh melihat bahwa bumi telah tenggelam dan penghancurannya sudah dekat. Dan ia bangkit dari sana dan pergi ke ujung-ujung bumi, dan berseru kepada kakeknya Henokh : 3 dan Nuh berkata tiga kali dengan suara yang pahit : Dengarkan aku, dengarkan aku, dengarkan aku. Dan ia berkata kepadanya : Katakan kepadaku apa yang telah jatuh kepada bumi sehingga bumi dalam kejahatan 4 dan terguncang, dan apakah aku akan musnah bersamanya ? Dan di sana terjadi kekacauan besar, di bumi, dan suatu suara terdengar dari surga, dan aku jatuh tertelungkup. Dan Henokh kakekku datang dan berdiri di sampingku, dan berkata kepadaku : Mengapa engkau berteriak kepadaku dengan teriakan yang pahit dan  tangisan 6 Dan suatu perintah telah dijalankan dari Tuhan mengenai mereka yang tinggal di atas bumi bahwa kehancuran mereka akan dilakukan karena mereka telah mengetahui rahasia para malaikat, dan kekerasan para Setan, dan segala kekuatan mereka - yang paling rahasia - dan segala kekuatan mereka yang melakukan sihir, dan kekuatan ilmu gaib, dan kekuatan mereka yang membuat leburan logam 7 bagi seluruh bumi : Dan bagaimana perak dibuat dari debu bumi, dan bagaimana logam lunak 8 berasal dari dalam tanah. Karena timbal dan timah tidak dibentuk dari bumi seperti yang pertama : adalah sebuah sumber air 9 yang menghasilkan mereka, dan seorang malaikat berdiri di dalamnya, dan malaikat itu adalah hebat. Dan setelah itu kakekku Henokh memegang tanganku dan membantuku bangkit, dan berkata kepadaku : Pergilah, karena aku telah 10 meminta Tuhan Segala Roh untuk menyentuh kekacauan di bumi ini. Dan Ia berkata kepadaku : “Karena kejahatan mereka penghakiman mereka telah ditentukan dan tak akan Kuhentikan selamanya. Karena sihir yang telah mereka cari dan pelajari, bumi dan mereka 11 yang tinggal di atasnya akan dihancurkan.” Dan ini - mereka tidak akan memiliki tempat bertobat untuk selamanya, karena mereka telah menunjukkan apa yang tersembunyi, dan mereka adalah terkutuk : tapi engkau, anakku, Tuhan Segala Roh tahu engkau adalah murni, dan tak bersalah tentang rahasia-rahasia itu.    12 Dan Ia telah menakdirkan namamu di antara para kudus, Dan akan melindungimu di antara mereka yang hidup di atas bumi, Dan telah menakdirkan benihmu yang benar untuk tahta dan kehormatan besar, Dan dari benihmu akan datang sumber air kebenaran dan kudus yang tak terhitung selamanya.

Para  malaikat air menjaga kapal Nuh.

Bab 66

1 Dan setelah itu ia menunjukkan kepadaku malaikat-malaikat penghukum yang bersiap-siap untuk datang dan melepaskan kekuatan air di bawah bumi  untuk melaksanakan penghakiman dan penghancuran 2 atas semua yang [berdiam dan] tinggal di atas bumi. Dan Tuhan Segala Roh memberikan perintah kepada para malaikat yang akan berangkat, agar mereka tidak membiarkan air naik tapi harus 3 menahan mereka ; karena mereka adalah malaikat yang berkuasa atas kekuatan air. Dan aku pergi dari hadapan Henokh.

Allah berjanji kepada Nuh : akan penghukuma para malaikat dan para raja zalim.

Bab 67

1 Dan pada hari-hari itu sabda Tuhan datang kepadaku, dan Ia berkata kepadaku : Nuh, takdirmu telah datang di hadapan-Ku, takdir tanpa kesalahan, takdir cinta kasih dan kebenaran. Dan kini para malaikat sedang membangun sebuah (bangunan) kayu, dan setelah mereka selesai aku akan menumpangkan tangan- Ku di atasnya dan melindunginya, dan dari sana akan datang benih kehidupan, dan perubahan akan terjadi sehingga 3 bumi tidak akan tetap tanpa penghuni. Dan Aku akan mengamankan benihmu di hadapan- Ku selama-lamanya, dan Aku akan menyebarkan mereka yang tinggal bersamamu : mereka tak akan sia-sia di muka bumi, tapi mereka akan diberkati dan berlipat-ganda di atas bumi dalam nama Tuhan. 4 Dan Ia akan memenjarakan malaikat-malaikat itu, yang telah mengajarkan kejahatan, dalam lembah membara yang telah ditunjukkan kakekku Henokh sebelumnya kepadaku di barat di antara gunung-gunung emas 5 dan perak dan baja dan logam lunak dan timah. Dan aku melihat lembah itu di mana terjadi 6 guncangan besar dan guncangan pada air. Dan ketika semua ini terjadi, dari logam cair yang menyala-nyala dan dari guncangan yang terjadi di sana, tercium bau belerang, dan itu berhubungan dengan air itu, dan lembah tempat malaikat-malaikat yang mengacaukan (manusia) dibakar 7 di bawah tanah itu. Dan melalui lembah-lembahnya mengalirlah sungai-sungai api, di mana malaikat-malaikat yang telah mengacaukan mereka yang tinggal di atas bumi dihukum. 8 Tapi air itu pada hari-hari itu akan melayani raja-raja dan orang- orang kuat dan mereka yang diagungkan, dan mereka yang tinggal di atas bumi,  untuk penyembuhan tubuh, tapi untuk hukuman roh ; kini roh mereka dipenuhi napsu, agar mereka dihukum dalam tubuh mereka, karena mereka telah menyangkal Tuhan Segala Roh 9 dan menyaksikan penghukuman mereka setiap hari, tapi tidak mempercayai nama-Nya. Dan sejalan dengan luka-luka bakar mereka yang memburuk, perubahan akan terjadi dalam roh mereka selama-lamanya, 10 karena di hadapan Tuhan Segala Roh tak seorangpun akan mengucapkan kata-kata yang percuma. Karena penghakiman akan datang atas mereka, 11 karena mereka percaya akan napsu tubuh mereka dan menyangkal Roh Tuhan. Dan air yang sama akan mengalami perubahan pada hari-hari itu ; karena ketika malaikat- malaikat itu dihukum dalam air, sumber- sumber air itu akan mengubah suhunya, dan ketika para malaikat itu naik, air 12 dari sumber itu akan berubah dan menjadi dingin. Dan aku mendengar Michael menjawab dan berkata : Penghakiman ini dengan mana para malaikat itu dihakimi adalah kesaksian bagi para raja dan orang kuat yang menguasai 13 bumi. Karena air penghukuman melayani penyembuhan tubuh para raja dan napsu tubuh mereka, maka mereka tak akan sadar dan percaya bahwa air itu akan berubah dan menjadi api yang membakar selamanya.

Michael dan Raphael terkejut pada dasyatnya penghukuman.

Bab 68

1 Dan setelah itu kakekku Henokh mengajariku segala rahasia dalam kitab Kisah-kisah yang telah diberikan kepadanya, dan ia merangkumkannya untukku dalam kata-kata dari kitab Kisah- kisah. Dan pada hari itu Michael menjawab Raphael dan berkata : Kuasa roh memindahkan dan membuatku gemetar karena beratnya penghakiman atas rahasia-rahasia, penghakiman atas para malaikat : siapa yang dapat menahankan hukuman berat yang telah dilaksanakan, dan yang 3 meleburkan mereka ? Dan Michael menjawab lagi, dan berkata kepada Raphael : Siapakah dia yang hatinya tak luluh oleh hal itu, dan kuasanya tak terguncangkan oleh kata- kata penghakiman ini 4 (yang) telah dijatuhkan atas mereka karena mereka yang telah membawa mereka keluar ?  Dan terjadilah ketika ia berdiri di depan Tuhan Segala Roh, Michael berkata demikian kepada Raphael : Aku tidak akan mengambil tempat mereka di bawah mata Tuhan, karena Tuhan Segala Roh murka terhadap mereka karena mereka bertindak 5 seolah-olah mereka Tuhan. Karena itu segala yang tersembunyi akan datang atas mereka selama-lamanya, karena tidak ada malaikat ataupun manusia yang akan mendapat bagian (dalamnya), tapi mereka sendirilah yang menerima hukuman mereka selama-lamanya. 

Nama dan tugas para (malaikat yang jatuh) Satan.

Bab 69

1 Dan setelah penghakiman ini mereka akan ketakutan dan membuat mereka gemetar karena mereka telah menunjukkan hal ini kepada mereka yang hidup di atas bumi.2 Dan dengarlah nama- nama para malaikat itu [dan inilah nama- nama mereka] : yang pertama dari mereka adalah Samjaza, yang kedua Artaqifa, dan ketiga Armen, keempat Kokabel, kelima Turael, keenam Rumjal, ketujuh Danjal, kedelapan Neqael, kesembilan Baraqel, kesepuluh Azazel, kesebelas Armaros, keduabelas Batarjal, ketigabelas Busasejal, keempatbelas Hananel, kelimabelas Turel, keenambelas Simapesiel, ketujuhbelas Jetrel, kedelapanbelas Tumael, kesembilanbelas Turel, 3 keduapuluh Rumael, keduapuluhsatu Azazel. Dan ini adalah para pemimpin malaikat-malaikat mereka dan nama-nama mereka, dan pemimpin mereka memimpin seratus-seratus dan lima puluh-lima puluh dan sepuluh- sepuluh. 4 Nama yang pertama adalah Jeqon : yaitu, dia yang mengacaukan [semua] anak Tuhan, dan membawa mereka 5 turun ke bumi, dan menyesatkan mereka di antara putri-putri manusia. Dan yang kedua adalah Asbeel : ia memberikan kepada anak-anak kudus Tuhan nasihat jahat, dan menyesatkan mereka sehingga mereka menodai 6 tubuh mereka dengan putri-putri manusia. Dan yang ketiga adalah Gadreel : ialah yang menunjukkan kepada anak-anak manusia segala pukulan maut, dan ia menyesatkan Eve, dan menunjukkan [senjata kematian kepada anak-anak manusia] perisai dan baju zirah, dan  pedang untuk bertempur, dan segala senjata 7 maut kepada anak-anak manusia. Dan dari tangannya mereka telah pergi melawan mereka yang tinggal 8 di atas bumi sejak hari itu dan selamanya. Dan yang keempat adalah Penemue : ia mengajarkan 9 anak-anak manusia apa yang pahit dan apa yang manis, dan ia mengajarkan mereka rahasia kebijaksanaan mereka. Dan ia mengajarkan manusia menulis dengan tinta dan kertas, dan karena itu banyak yang telah berdosa dari keabadian hingga 10 keabadian dan hingga hari ini. Karena manusia tidak diciptakan utnuk tujuan itu, untuk menyatakan kembali 11 niat baik mereka dengan pena dan tinta. Karena manusia diciptakan persis seperti malaikat, agar mereka tetap suci dan benar, dan kematian, yang menghancurkan segalanya, tidak dapat menguasai mereka, tapi melalui ini pengetahuan mereka mulai musnah, dan melalui kekuatan ini 12 hal itu menggerogotiku. Dan yang kelima adalah Kasdeja : dialah yang menunjukkan kepada anak-anak manusia pukulan- pukulan jahat roh dan setan, dan pukulan- pukulan janin dalam rahim, agar ia mati, dan [pukulan-pukulan jiwa] gigitan ular, dan pukulan-pukulan 13 yang jatuh melalui panas siang hari, anak ular yang bernama Tabaet. Dan inilah tugas Kasbeel, pemimpin sumpah yang ditunjukkannya kepada para kudus ketika ia tinggal tinggi 4 di atas dalam kejayaan, dan namanya adalah Biqa. (Malaikat) ini meminta Michael untuk menunjukkan kepadanya nama yang tersembunyi, agar ia dapat mengucapkannya dalam sumpah itu, agar mereka bergetar di hadapan nama itu dan sumpah yang membukakan segala hal rahasia kepada anak-anak manusia. Dan ini adalah kekuatan sumpah ini, karena sumpah itu sangat berkuasa dan kuat, dan ia menempatkan sumpah Akae ini di tangan Michael.  16 Dan inilah rahasia sumpah ini . . . Dan mereka menjadi kuat melalui sumpahnya : Dan surga digantung sebelum dunia diciptakan, Dan selamanya. 17 Dan melaluinya air dibangun di atas air,  Dan dari celah-celah rahasia gunung- gunung muncullah air yang indah, Dari penciptaan dunia dan hingga selamanya. 18 Dan melalui sumpah itu lautan diciptakan, Dan sebagai dasarnya Ia menaruh pasir melawan saat kemarahan(nya), Dan ia tidak berani melewatinya dari penciptaan dunia hingga selamanya.  19 Dan melalui sumpah itu kedalaman diikat, Dan tinggal dan tidak bergerak dari tempatnya dari keabadian hingga keabadian.  21 Dan melalui sumpah itu bintang- bintang menyelesaikan jalur mereka, Dan Ia memanggil mereka dengan namanya, Dan mereka menjawab-Nya dari keabadian hingga keabadian.  22 Dan seperti itu juga roh air, dan angin, dan angin barat, dan jalur (mereka) 23 dari segala tempat tinggal angin. Dan di sana dilindungilah suara guntur dan cahaya kilat : dan di sana dilindungilah ruangan hujan es dan ruangan 24 bunga es, dan ruangan kabut, dan ruangan hujan dan embun. Dan semua ini percaya dan berterima kasih di hadapan Tuhan Segala Roh, dan memuja(-Nya) dengan segala kekuatan mereka, dan makanan mereka adalah dalam segala perbuatan terima kasih : mereka berterima kasih dan memuja dan mengagungkan nama Tuhan Segala Roh selama-lamanya.]  25 Dan sumpah ini berkuasa atas mereka Dan melaluinya [mereka dilindungi dan] jalur mereka dilindungi, Dan jalur mereka tidak dihancurkan. 26 Dan kebahagiaan besar berada di antara mereka, Dan mereka memberkati dan memuja dan mengagungkan  Karena nama Anak Manusia itu telah diberikan kepada mereka.  27 Dan ia duduk di singgasana kejayaannya, Dan perhitungan penghakiman diberikan kepada Anak Manusia, Dan ia membuat para pendosa mati dan dihancurkan dari muka bumi, Dan mereka yang telah menyesatkan dunia.  28 Dengan rantai mereka akan diikat, Dan pada tempat berkumpul penghancuran mereka akan disekap, Dan segala karya mereka lenyap dari muka bumi.  Dan menjadi kuat di hadapan Tuhan Segala Roh.

Pengangkatan Henokh ke surga (Menjadi malaikat).

Bab 70

1,2 Dan terjadilah setelah itu bahwa namanya selama hidupnya ditinggikan kepada Anak Manusia itu, dan kepada Tuhan Segala Roh dari antara mereka yang tinggal di atas bumi. Dan ia diangkat ke atas 3 dengan kereta-kereta roh dan namanya sirna dari antara mereka. Dan sejak hari itu aku tidak lagi diperhitungkan di antara mereka : dan ia menempatkanku di antara dua angin, di antara Utara dan 4 Barat, di mana para malaikat mengambil kawat untuk mengukur bagiku tempat bagi orang-orang terpilih dan benar. Dan di sana aku melihat para leluhur dan orang benar yang pada awal mula tinggal di tempat itu.

Penghlihatan berikut Henokh di Surga.

Bab 71

1 Dan terjadilah setelah ini bahwa rohku diubah  Dan ia naik ke langit : Dan aku melihat anak-anak suci Tuhan. Mereka sedang menapaki tangga-tangga api : Pakaian mereka putih [dan jubah mereka], Dan wajah mereka bersinar seperti salju.  2 Dan aku melihat dua sungai api, Dan cahaya api itu bersinar seperti tanaman hyacinth, Dan aku jatuh tertelungkup di hadapan Tuhan Segala Roh.  3 Dan Michael sang malaikat [salah satu dari malaikat-malaikat kepala] memegang tangan kananku, Dan mengangkatku dan membawaku kepada segala rahasia, Dan menunjukkan kepadaku segala rahasia kebenaran.  4 Dan ia menunjukkan kepadaku segala rahasia ujung-ujung langit, Dan segala ruangan bintang-bintang, dan segala benda-benda langit, Dari mana mereka datang dan berlalu di hadapan wajah para kudus.  5 Dan ia mengubah rohku ke dalam surga segala surga, Dan aku melihat di sana seperti suatu bangunan yang terbuat dari kristal, Dan di antara kristal itu adalah lidah-lidah api yang hidup.  6 Dan rohku melihat tali yang mendukung rumah api itu, Dan pada keempat sisinya adalah sungai penuh dengan api yang hidup, Dan mereka mengelilingi rumah itu.  7 Dan di sekelilingnya adalah malaikat- malaikat Seraphin, kerub, dan Ophannin : Dan ini adalah mereka yang tidak tidur Dan menjaga singgasana kejayaan-Nya.  8 Dan aku melihat malaikat-malaikat yang tak terhitung jumlahnya, Ribuan ribu, dan sepuluh ribu kali sepuluh ribu, Mengelilingi rumah itu.  Dan Michael, dan Raphael, dan Gabriel, dan Phanuel, Dan para malaikat kudus yang di atas langit,  Keluar masuk rumah itu.  9 Dan mereka datang dari rumah itu, Dan Michael dan Gabriel, Raphael dan Phanuel, Dan malaikat-malaikat lain yang tak terkira jumlahnya.  10 Dan bersama mereka adalah Pemimpin Segala Masa, Rambut-Nya putih dan murni seperti wol, Dan jubah-Nya tak terceritakan.  11 Dan aku jatuh tertelungkup, Dan seluruh tubuhku melemas, Dan rohku berubah rupa ;  Dan aku berseru dengan suara keras, ... dengan semangat kekuatan, Dan memberkati dan memuja dan mengagungkan.  12 Dan pujaan-pujaanku yang datang dari mulutku menyenangkan Pemimpin Segala Masa. Dan Pemimpin Segala Masa datang dengan Michael dan Gabriel, Raphael dan Phanuel, beribu-beribu dan berpuluh-puluh ribu malaikat-malaikat tanpa terhitung.  [Naskah yang hilang di mana Anak Manusia digambarkan mendampingi Pemimpin Segala Masa, dan Henokh bertanya kepada salah satu malaikat (seperti pada XLVI. 3) mengenai Anak Manusia tentang siapakah ia.]  14 Dan ia (jadi sang malaikat) datang kepadaku dan menyapaku dengan suara- Nya, dan berkata kepadaku Inilah Anak Manusia yang lahir pada kebenaran, Dan kebenaran tinggal di atasnya, Dan kebenaran Pemimpin Segala Masa tidak meninggalkannya. 15 Dan ia berkata kepadaku : Ia mengumumkan kepadamu damai dalam nama dunia yang akan datang ; Karena dari sana telah datang damai sejak penciptaan dunia, Dan terjadilah itu terhadapmu selamanya dan selama-lamanya.  16 Dan semua orang akan mengikutinya karena kebenaran tak pernah meninggalkannya :  Dengannyalah mereka akan tinggal, dan dengannyalah hak lahir mereka, Dan mereka tak akan terpisahkan darinya selamanya dan selama-lamanya.  Dan akan ada masa-masa bersama Anak Manusia itu, Dan orang benar akan mendapatkan damai dan jalan yang benar Dalam nama Tuhan Segala Roh selama- lamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Abraham Berasal Dari Ur atau Haran?

Abraham berasal dari kota Haran dan bukan dari kota Ur-Kasdim, ya itulah pendapat beberapa para ahli biblikal moderen, mengapa mereka berpen...