Selasa, 26 April 2016

Kitab Henokh, bab 12 - 16

Indeks kitab Henokh

Mimpi-Penglihatan Henokh: Syafaatnya untuk Azâzêl dan Malaikat yang jatuh: dan Pemberitaannya tentang Kehancuran mereka yang pertama dan terakhir.

Bab 12

1 Sebelum hal-hal ini Enoch sedang bersembunyi, dan tak ada anak manusia yang mengetahui tempat ia 2 bersembunyi, dan dia mana ia tinggal, dan apa yang terjadi dengannya. Dan kegiatan-kegiatannya berhubungan dengan para Pengamat, dan hari-harinya adalah dengan para orang kudus.

3 Dan aku Enoch sedang memberkati tuan yang agung dan Raja segala masa, dan tiba-tiba para Pengamat 4 memanggilku - Enoch sang penulis - dan berkata kepadaku : ‘Enoch, kau menulis kebenaran, pergilah, umumkan kepada para Pengamat dari surga yang telah meninggalkan surga, tempat suci yang abadi, dan telah mencemari diri mereka dengan wanita, dan telah bertindak seperti anak-anak bumi, dan telah mengambil untuk diri mereka 5 istri : “Kalian telah membawa kehancuran besar kepada bumi : Dan kalian tak akan mendapatkan kedamaian ataupun pengampunan 6 dosa : dan karena mereka berbahagia atas anak-anak mereka, pembunuhan orang- orang yang mereka cintai akan mereka saksikan dan penghancuran anak-anak mereka akan mereka ratapi, dan mereka akan memohon selamanya, tapi belas kasihan dan damai tak akan kalian dapatkan.

Bab 13

1 Dan Enoch pergi dan berkata : Azazel, kau tak akan mendapatkan damai : sebuah hukuman berat telah dijatuhkan 2 atasmu untuk mengikatmu : Dan kau tak akan mendapatkan ampunan ataupun pengabulan permintaan bagimu, karena kejahatan yang telah kau ajarkan, dan karena semua pekerjaan tak ber-Tuhan 3 dan kejahatan dan dosa yang telah kau tunjukkan kepada manusia. Lalu aku pergi dan berbicara kepada mereka semua 4 bersama-sama, dan mereka semua ketakutan, dan mereka sangat ketakutan dan gemetaran. Dan mereka memohon kepadaku untuk membuat permohonan bagi mereka agar mereka mendapatkan pengampunan, dan untuk mebacakan permohonan mereka di hadapan 5 Penguasa surga. Karena sejak itu mereka tidak dapat berbicara (dengan-Nya) atau 6 menatap surga karena malu akan dosa- dosa mereka yang menyebabkan mereka dikutuk. Lalu aku menulis permohonan  mereka, dan doa demi roh mereka dan perbuatan mereka masing-masing dan tentang 7 permintaan mereka akan pengampunan dan belas kasihan. Dan aku pergi dan duduk di perairan Dan, di negeri Dan, ke selatan dari bagian barat Hermon : Aku membaca permohonan mereka sampai aku 8 tertidur. Dan tiba- tiba aku bermimpi, dan aku melihat bayangan-bayangan, dan aku melihat bayangan penghukuman, dan sebuah suara memerintahkan(ku) untuk memberitahukannya kepada anak-anak surga, dan membentak mereka. 9 Dan ketika aku terbangun, aku pergi kepada mereka, dan mereka sedang duduk berkumpul bersama, menangis di 10 Abelsjail, yang terletak di antara Lebanon dan Seneser, sambil menutupi muka mereka. Dan aku menceritakan kembali di depan mereka bayangan-bayangan yang kulihat dalam tidur, dan aku mulai berbicara kata-kata kebenaran, dan membentak para Pengamat surga. 

Bab 14

1 Kitab kata-kata kebenaran, dan bentakan kepada para Pengamat abadi 2 sesuai perintah Sang Maha Besar dalam bayanganku. Aku melihat dalam tidur apa yang sekarang akan kukatakan dengan lidah dari daging dan napas dari mulutku : yang telah diberikan Sang Maha Besar kepada manusia untuk 3 bercakap-cakap dan mengerti dengan hati. Seperti Ia telah menciptakan dan memberikan kepada manusia kemampuan untuk mengerti kata- kata bijaksana, juga Ia menciptakanku dan memberikanku kuasa untuk membentak 4 para Pengamat, anak-anak surga. Aku menulis permohonanmu, dan dalam mimpiku juga muncul, bahwa permohonanmu tak akan diberikan kepadamu hingga selama-lamanya, dan penghakiman 5 akhirnya telah diberikan atasmu : kau (permohonanmu) tak akan diberikan kepadamu.

Dan sejak saat ini kau tidak boleh naik kembali ke surga hingga selama-lamanya, dan dalam ikatan bumi perintah ini telah 6 dijatuhkan untuk mengikatmu untuk selama-lamanya. Dan (bahwa) sebelumnya kau akan menyaksikan penghancuran anak-anakmu yang tercinta dan kalian tak akan menyukai mereka, tapi mereka akan jatuh di 7 hadapanmu karena tebasan pedang. Dan permohonanmu atas nama mereka tidak akan dikabulkan, juga tidak atas nama kalian sendiri : meskipun kau menangis dan berdoa dan berbicara semua kata dalam tulisan-tulisan yang telah 8 kutulis. Dan mimpiku telah menunjukkan kepadaku begini : Lihat, dalam mimpi awan mengundangku dan kabut memanggilku, dan jalur bintang- bintang dan kilat mendorong dan mempercepat langkahku, dan angin dalam 9 mimpi itu membawaku terbang dan mengangkatku, dan mengantarku ke dalam surga.

Dan aku berjalan masuk hingga aku sampai kepada suatu tembok yang terbuat dari kristal dan dikelilingi lidah-lidah api : dan hal itu mulai 10 membuatku takut. Dan aku masuk ke dalam lidah api itu dan menghampiri sebuah rumah besar dari kristal : dan dinding rumah itu seperti dinding berkotak- kotak (yang terbuat) dari kristal, dan lantainya pun 11 dari kristal. Langit- langitnya seperti jalur bintang dan kilat, dan di antara mereka adalah 12 malaikat- malaikat kerub yang berapi-api, dan langit di sana (bening seperti) air. Api yang menyala-nyala mengelilingi dinding- dindingnya, dan 13 gerbangnya menyala dengan lidah api. Dan aku masuk ke dalam rumah itu, dan terasa panas seperti api dan dingin seperti es : 14 tidak ada kebahagiaan kehidupan di dalamnya : ketakutan menyelimutiku, dan gemetar menguasaiku. Dan selagi aku bergetar dan 15 ketakutan, aku jatuh tertelungkup.

Dan aku melihat suatu bayangan, dan tiba-tiba ada rumah kedua, lebih besar 16 daripada yang pertama, dan gerbangnya terbuka di hadapanku, dan terbuat dari nyala api. Dan dari segala segi rumah itu sangat hebat dalam kemegahan dan kebesaran dan ukuran hingga aku tidak dapat menceritakan 17 kepadamu kemegahan dan ukurannya. Dan lantainya terbuat dari api, dan di atasnya kilat dan jalur 18 bintang-bintang, dan langit- langitnya pun terbuat dari api yang menyala. Dan aku menoleh dan melihat di dalam sebuah tahta yang tinggi : penampilannya seperti kristal, dan rodanya seperti matahari yang bersinar, dan kulihat 19 malaikat-malaikat kerub.

Dan dari bawah tahta itu mengalirlah api yang menyala sehingga aku tak kuasa 20 memandangnya. Dan Sang Maha Besar duduk di atasnya, dan pakaiannya bersinar lebih terang daripada matahari dan 21 lebih putih daripada salju manapun. Tak seorang malaikatpun dapat masuk dan menatap wajah-Nya karena 22 keagungan-Nya dan kejayaan-Nya dan tak ada makhluk berdaging yang dapat memandang-Nya. Api yang menyala mengelilingi-Nya, dan sebuah api besar berdiri di hadapan-Nya, dan tak satupun yang dapat mendekati-Nya : sepuluh ribu kali 23 sepuluh ribu (berdiri) di depan-Nya, tapi Ia tak membutuhkan seorangpun penasihat. Dan orang-orang yang terkudus yang 24 dekat dengan-Nya tidak meninggalkan-Nya pada malam hari ataupun pergi dari-Nya. Dan hingga saat itu aku telungkup, gemetaran : dan Tuhan memanggilku dengan mulut-Nya sendiri, dan berkata kepadaku : ‘Kemarilah, 25 Enoch, dan dengar perkataan-Ku.’ Dan satu dari orang kudus datang kepadaku dan membantuku bangun, dan Ia membuatku berdiri dan mendekati pintu : dan aku menundukkan wajahku.

Bab 15

1 Dan Ia menjawab dan berkata kepadaku, dan aku mendengar suara-Nya : ‘Jangan takut, Enoch, kau orang 2 benar dan penulis kebenaran : mendekatlah ke sini dan dengar suara-Ku. Dan pergilah, katakan kepada para Pengamat dari surga, yang telah mengirimmu untuk meminta ampun bagi mereka : “Kau seharusnya meminta ampun” untuk manusia, bukan manusia 3 bagimu : Mengapa kalian meninggalkan surga yang tinggi, suci dan abadi, dan tidur dengan wanita-wanita, dan mencemari dirimu sendiri dengan putri-putri manusia dan mengambil istri untuk dirimu sendiri, dan bertindak seperti anak-anak 4 bumi, dan menghasilkan raksasa (sebagai) anakmu ? Dan meskipun kalian suci, roh, hidup abadi, kalian telah mencemari diri kalian sendiri dengan darah wanita-wanita, dan telah menghasilkan (anak-anak) dengan darah dari daging, dan, seperti anak-anak manusia, telah bernafsu akan daging dan darah seperti mereka yang akan mati 5 dan musnah. Karena itu Aku telah  memberikan mereka istri juga agar mereka menghamilinya, dan menghasilkan 6 anak-anak dengannya, agar tidak ada kekurangan bagi mereka di bumi. Tapi kalian sebelumnya adalah 7 roh, hidup abadi, dan kekal untuk seluruh generasi dunia. Dan karenanya aku tidak memberikan istri bagimu, karena sebagai roh dari surga, surgalah tempat mereka. 8 Dan sekarang, para raksasa, yang dihasilkan dari roh dan daging, akan dianggap roh jahat di atas 9 bumi, dan di atas bumilah tempat mereka. Roh jahat telah berkembang dari tubuh mereka; karena mereka lahir dari manusia dan dari para Pengamat kuduslah awal dan asal muasal mereka; 10 mereka akan menjadi roh jahat di bumi, dan roh jahatlah mereka akan dipanggil. [Dan untuk roh dari surga, di surgalah tempat mereka, tapi untuk roh dari bumi yang lahir di atas bumi, di atas bumilah tempat mereka.] Dan roh para raksasa mencederai, menekan, menghancurkan, menyerang, berperang, melakukan penghancuran di atas bumi, dan menyebabkan masalah : mereka tidak makan, tapi tetap 12 kelaparan dan kehausan, dan melanggar hukum. Dan roh-roh ini akan bangkit melawan anak- anak manusia dan melawan wanita- wanita, karena mereka berasal dari mereka.

Bab 16

1 Dari hari pembantaian dan penghancuran dan kematian dari para raksasa, dari jiwa yang dagingnya oleh roh-roh, yang telah mulai maju, akan dihancurkan tanpa menjatuhkan penghakiman - maka mereka akan melakukan penghancuran hingga hari penghabisan, penghakiman besar di mana masa itu akan 2 diselesaikan, atas para Pengamat dan orang-orang tak ber- Tuhan, kalian, akan diselesaikan seluruhnya.” Dan sekarang bagi para Pengamat yang telah mengirimmu untuk meminta ampun bagi mereka, yang sebelumnya berada di surga, (katakan 3 kepada mereka) : “Kalian pernah tinggal di surga, tapi tidak semua rahasia telah dibukakan kepadamu, dan kalian hanya tahu yang tak berharga, dan rahasia- rahasia ini dengan tanpa perasaan kau  buka kepada wanita-wanita, dan melalui rahasia-rahasia ini wanita dan pria telah melakukan banyak kejahatan di atas bumi.” 4 Karena itu katakan kepada mereka : “Kau tidak mendapatkan kedamaian.”’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Abraham Berasal Dari Ur atau Haran?

Abraham berasal dari kota Haran dan bukan dari kota Ur-Kasdim, ya itulah pendapat beberapa para ahli biblikal moderen, mengapa mereka berpen...