Selasa, 26 April 2016

Kitab Henokh, bab 17 - 19

Indeks kitab Henokh

Perjalanan Henokh menembus Bumi dan Sheol : Perjalanan Pertama.

Bab 17

1 Dan mereka mengambil dan membawaku ke suatu tempat di mana orang-orang di sana seperti api menyala, 2 dan, jika mereka menginginkannya, tampil seperti manusia. Dan mereka membawaku ke tempat kegelapan, dan ke sebuah gunung yang puncaknya mencapai surga. Dan aku melihat tempat bintang-bintang dan harta karun bintang- bintang dan guntur dan dalam kedalaman yang maha dalam, di mana terdapat sebuah busur bernyala-nyala dan anak- anak panah dan tempatnya, dan sebilah pedang bernyala-nyala dan segala kilat. Dan mereka 5 membawaku ke perairan yang hidup, dan ke api di barat, yang menerima setiap tenggelamnya matahari. Dan aku datang ke sebuah sungai api di mana api mengalir seperti air dan melimpahkan dirinya ke dalam laut besar ke 6 arah barat. Aku melihat sungai- sungai besar dan sampai ke sungai besar dan ke kegelapan besar, dan pergi 7 ke tempat di mana tak ada makhluk berdaging berjalan. Aku melihat gunung- gunung kegelapan musim dingin dan ke tempat 8 dari mana semua air yang dalam mengalir. Aku melihat mulut semua sungai di bumi dan mulut dari kedalaman.

Bab 18

1 Aku melihat harta karun segala angin : aku melihat bagaimana Ia memberikan mereka kepada seluruh ciptaan 2 dan dasar yang kokoh dari bumi. Dan aku melihat batu penjuru bumi : aku melihat keempat 3 angin yang melahirkan [bumi dan] kubah surga. Dan aku melihat bagaimana angin menghampar di kubah surga, dan berdiam di antara surga dan bumi : mereka adalah pilar 4 surga. Aku melihat angin surga yang berputar dan membawa orbit matahari dan 5 semua bintang pada urutannya. Aku melihat angin di atas bumi membawa awan : aku melihat jalan 6 para malaikat. Aku melihat di ujung bumi kubah surga di atas. Dan aku meneruskan perjalanan dan melihat tempat yang terbakar siang malam, di mana ada tujuh pegunungan batu yang megah, 7 tiga ke arah timur, dan tiga ke arah selatan. Dan gunung-gunung yang ke arah timur, terbuat dari batu berwarna, dan satu dari mutiara, dan satu dari batu jacinth, dan mereka yang ke arah selatan dari batu merah. 8 Tapi satu yang di tengah menjulang ke surga seperti tahta Tuhan, dari batu alabaster, dan puncak dari 9,10 tahta itu adalah dari batu safir. Dan aku melihat api yang menyala-nyala. Dan di balik pegunungan itu adalah suatu daerah ujung bumi yang besar : di sanalah langit berakhir. Dan aku melihat sebuah jurang yang dalam, dengan tiang-tiang api surga, dan di antara mereka aku melihat tiang-tiang air terjun api, yang tak terukur baik 12 tinggi maupun dalamnya. Dan di balik jurang itu aku melihat suatu tempat tanpa kubah surga di atasnya, dan tanpa tanah yang kokoh di bawahnya : tak ada air di atasnya, dan tak ada 13 burung, tapi itu adalah suatu tempat yang gersang dan mengerikan. Aku melihat di sana tujuh bintang laksana gunung-gunung besar yang terbakar, 14 dan kepadaku, ketika aku bertanya tentang bintang-bintang itu, malaikat menjawab : ‘Tempat ini adalah ujung langit dan bumi : dan tempat ini telah menjadi penjara bagi bntang-bintang dan penghuni surga. Dan bintang-bintang yang bergulung-gulung di atas api adalah mereka yang telah melawan perintah Tuhan pada permulaan 16 saat terbit mereka, karena mereka tidak muncul pada waktu mereka yang seharusnya. Dan Ia murka terhadap mereka, dan mengikat mereka hingga waktu kesalahan mereka akan dilengkapi (bahkan) hingga sepuluh ribu tahun lamanya.’

Bab 19

1 Dan Uriel berkata kepadaku : ‘Di sinilah akan berdiri para malaikat yang telah menghubungkan dirinya dengan wanita, dan roh mereka dalam berbagai bentuk sedang mencemari umat manusia dan akan menyesatkan mereka hingga mempersembahkan korban kepada setan-setan seperti kepada dewa-dewa, (di sinilah mereka akan berdiri,) hingga hari penghakiman besar di 2 mana mereka akan dihakimi hingga selesai. Dan wanita- wanita 3 sesat milik para malaikat itu akan menjadi setan perempuan.’ Dan aku, Enoch, sendirilah yang melihat mimpi itu, akhir segalanya : dan tak seorang manusia pun akan melihat apa yang telah kulihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Abraham Berasal Dari Ur atau Haran?

Abraham berasal dari kota Haran dan bukan dari kota Ur-Kasdim, ya itulah pendapat beberapa para ahli biblikal moderen, mengapa mereka berpen...