Selasa, 26 April 2016

Kitab Henokh, bab 86 - 88

Indeks kitab Henokh

Kitab Mimpi Penglihatan  

Kejatuhan manusia dan demoralisasi umat manusia.

Bab 86


1,2 Dan setelah ini aku melihat mimpi lain, dan aku akan menunjukkan seluruh mimpi itu kepadamu, putraku. Dan Henokh mengangkat (suaranya) dan berkata kepada anaknya Metusalah : Kepadamu, putraku, aku akan berkata : dengarkanlah kata-kataku - siapkan telingamu bagi mimpi bayangan ayahmu. Sebelum aku mengambil ibumu Edna, aku melihat bayangan lain dalam tidurku, dan melihat seekor banteng datang dari bumi, dan banteng itu putih (Adam), dan setelah itu datanglah seekor sapi muda (Hawa), dan bersama ini (yang belakangan) datanglah dua ekor banteng, yang satu hitam (Kain) dan 4 yang lain merah (Habel). Dan banteng hitam itu menanduk yang merah dan mengejarnya di atas tanah, dan segera setelah itu 5 aku tidak lagi dapat melihat banteng merah itu.

Tapi  banteng hitam itu bertambah besar dan sapi muda itu pergi bersamanya, dan 6 aku melihat banyak anak sapi berasal darinya yang menyerupai dan mengikutinya. Dan sapi itu, yang pertama, pergi dari banteng pertama itu untuk mencari yang merah (Habel), tapi 7 tidak menemukannya, dan sangat bersedih atasnya dan terus mencarinya. Dan aku melihat hingga banteng 8 pertama (Adam) tadi datang kepadanya dan menenangkannya, dan sejak itu ia tidak menangis lagi. Dan setelah itu ia melahirkan seekor banteng putih lain (Seth), dan setelah itu lahirlah banyak banteng dan sapi hitam. 9 Dan aku melihat dalam tidurku bahwa banteng putih itu juga bertumbuh dan menjadi seekor banteng putih yang besar, dan darinya lahirlah banyak banteng putih, dan mereka menyerupainya. Dan mereka mulai menghasilkan banyak banteng putih, yang menyerupai mereka, satu setelah yang lain, (bahkan) sangat banyak. menyaksikan itu anak-anak bumi mulai gemetar dan ketakutan di depan mereka dan lari dari mereka.

Kedatangan 7 malaikat agung

Bab 87

1 Dan lagi kulihat mereka mulai saling menanduk dan memangsa, dan bumi 2 mulai berteriak keras. Dan aku mengangkat mataku ke surga, dan melihat dalam mimpiku, dan menyaksikan di sana datang dari surga makhluk yang menyerupai manusia putih : dan empat datang dari tempat itu 3 dan tiga bersama mereka. Dan tiga yang datang terakhir itu menggenggam tanganku dan mengangkatku, jauh dari generasi- generasi bumi, dan mengangkatku ke tempat yang tinggi, dan menunjukkan kepadaku 4 sebuah menara tinggi di atas bumi, dan segala bukit lebih rendah daripadanya. Dan seorang berkata kepadaku : Tinggallah di sini hingga kau telah menyaksikan segalanya yang terjadi kepada gajah-gajah (Nephilim), unta-unta (Elioud/keturunan Nephilim), dan kedelai-kedelai itu, dan bintang-bintang dan sapi-sapi jantan itu, dan semuanya.

Penghukuman malaikat jatuh oleh Malaikat angung.

Bab 88

1 Dan aku melihat satu dari empat yang datang pertama, dan ia mengambil bintang pertama yang jatuh dari surga (Semzaya/Azazel), dan mengikat tangan dan kakinya dan melemparkannya ke dalam suatu jurang dalam : kini jurang itu 2 sempit dan dalam, dan mengerikan dan gelap. Dan satu dari mereka menghunus sebilah pedang, dan memberikannya kepada gajah-gajah dan unta-unta dan keledai-keledai itu : lalu mereka mulai saling memukul, dan seluruh bumi berguncang 3 karena mereka. Dan selagi aku menyaksikan mimpi ini, tiba-tiba, satu dari empat yang telah datang melempari (mereka) dengan batu dari surga, dan mengumpulkan dan mengambil semua bintang-bintang besar yang alat vitalnya seperti kuda, dan mengikat tangan dan kaki mereka, dan melemparkan mereka ke dalam suatu jurang dalam di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Abraham Berasal Dari Ur atau Haran?

Abraham berasal dari kota Haran dan bukan dari kota Ur-Kasdim, ya itulah pendapat beberapa para ahli biblikal moderen, mengapa mereka berpen...